by

1.299 Sarjana Uniba Siap Diwisuda di Dome, Ijasah Dicetak Perum Percetakan Negara dan Terverifikasi oleh BIN

BALIKPAPAN,suarabalikpapan.com-Universitas Balikpapan (Uniba) akan menggelar wisuda Sarjana dan Pascasarjana tahun akademik 2018-2019 yang akan digelar di gedung Balikpapan Sport & Convention Center (BSCC) Dome, Selasa (7/10/2019) mulai pukul 07.00 wita sampai selesai.
Menurut Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Casmudi, penyelenggaraan wisuda sarjana kali ini akan diikuti sebanyak 1.299 peserta dari 11 program studi (prodi) dan pasca sarjana.
“Jumlah sarjana yang diwisuda kali ini cukup banyak . Kalau tahun sebelumnya hanya 957 orang tapi sekarang sebanyak 1.299 orang,” kata Casmudi kepada media ini.
Casmudi memperkirakan tamu undangan yang hadir pada acara wisuda mencapai kurang lebih 4.000 orang sehingga pihaknya telah melakukan antisipasi terjadinya kemacetan jalan-jalan di sekitar Dome.
“Kami telah berkoordinasi dengan aparat kepolisian dan Dishub untuk mengatur arus lalulintas agar tidak terjadi kemacetan lantaran mayoritas tamu dan undangan yang hadir membawa kendaraan. Selain itu kami juga menyediakan ambulans,” ujar Casmudi.
Ia juga berharap para wisudawan dan para tamu agar datang tepat waktu lantaran acara wisuda berlangsung tertutup.
“Mohon agar seluruh peserta wisuda mengikuti tata tertib yang ada, sehingga pelaksanaan wisuda berjalan dengan lancar, dan sesuai dengan harapan,” tandas Casmudi.
Seperti biasa acara wisuda dihadiri Ketua Badan Pembina Yapenti DWK Kalimantan Timur Rendi Susiswo Ismail, Rektor Uniba Piatur Pangaribuan, para dekan dan dosen serta jajaran Civitas Akademika Uniba serta pejabat di lingkungan Pemkot Balikpapan seperti wali kota atau wakil wali kota. Selain itu, wisuda akan dihadiri Ketua Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (Aptisi) Pusat, Budi Sujatmiko, yang akan membawakan orasi ilmiah tentang Debirokratisasi Pendidikan Tinggi Kaltim Menghadapi Ibukota Negara (IKN) Baru .
“Kami juga akan melakukan MoU dengan percetakan negara untuk percetakan ijasah serta MoU dengan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Pasar Modal (PM),” katanya.
Casmudi menambahkan, untuk lulusan tahun ini cukup istimewa karena lembar ijasahnya dicetak oleh Perum Percetakan Negara Jakarta yang biasa mencetak dokumen negara seperti KTP Elektronik (E-KTP), paspor, hingga sertifikat tanah.
“Lembaran ijasahnya juga cukup aman karena terverifikasi di Badan Intelejen Negara (BIN),” kata Casmudi.
Menurut Casmudi, selain menerima ijasah kelulusan, para sarjana Uniba juga mendapat Surat Keterangan Pendamping Ijasah (SKPI) sesuai Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 81 tahun 2014 tentang Ijazah, sertifikat kompetensi dan sertifikat profesi pendidikan tinggi.
“SKPI ini mencantumkan kemampuan lulusan agar bisa bersaing di dunia kerja.
SKPI juga mencantumkan aktivitas lulusan selama perkuliahan. Termasuk kegiatan seminar dan workshop yang diikuti, prestasi yang pernah diraih, serta kegiatan lain yang berkaitan dengan akademik, maupun pengembangan karakter dan keprofesian,” tandas Casmudi.
Diakui Casmudi, Uniba lewat yayasan terus berupaya meningkatkan kualitas lulusan dengan melakukan berbagai inovasi sehingga lulusanya langsung diterima dipasar kerja terutama dalam menyongsong era digitalisasi.
“Tapi intinya di era digitalisasi ini Uniba telah siap dengan menjalin kerjasama atau MoU dengan perguruan-perguruan tinggi ternama di dalam negeri maupun di luar negeri guna meningkatkan kualitas para dosen maupun lulusan,” pungkasnya.(sb-02).

JUMLAH WISUDAWAN UNIBA PERIODE OKTOBER 2019

banner 728x90

Program Studi Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia (31)
Program Studi Pendidikan Ekonomi (19)
Program Studi Pendidikan Matematika (30)
Program Studi Sastra (39)
Program Studi Mesin (171)
Program Studi Elektro (51)
Program Studi Manajemen (241)
Program Studi Akuntansi (190)
Program Studi D4K3 (247)
Program Studi Sipil (103)
Program Studi Hukum (124)
Pasca Sarjana (53)
TOTAL (1.299)

Sumber : Rektorat Uniba

banner 728x90

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed