Balikpapan-Sebanyak 50 peserta mengikuti pelatihan corporate journalism yang digelar Ikatan Wartawan Balikpapan (IWB) di Hotel Pacifik, Sabtu (27/10/2018).
”Pelatihan IWB ini merupakan yang kelima sejak IWB berdiri 2005 lalu,” kata Ketua Panitia Pelatihan Corporate Journalism, Rosman, kepada Suara Balikpapan di sela-sela pelatihan.
Rosman menjelaskan, pelatihan ditujukan bagi kalangan humas perusahaan di Balikpapan.
”Materi pelatihan meliputi penulisan jurnalistik baik hard news, feature, advertorial, editing berita, kerjasama media dan mitra serta materi mengenai photografi news,” sebutnya.
”Tujuannya untuk meningkatkan pemahaman secara luas kepada pelaku usaha akan pentingnya corporate journalism, membangun corporate journalism disetiap perusahaan dan sarana pendidikan peningkatan SDM tentang jurnalistik serta memanfaatkan media internet secara arif dan bijaksana,” jelasnya.
Corporate journalism ini dapat diartikan aktivitas atau aplikasi jurnalistik di sebuah perusahaan untuk berkomunikasi, memasarkan, promosi dan penjualan produk serta publikasi aktivitas perusahaan kepada public dengan mengikuti kaedah jurnalistik yang baik dan benar.
Lanjut Rosman, corporate journalism ini merupakan strategi baru dalam bidang pemasaran sekaligus kehumasan.
“Dengan corporate journalism ini sebuah perusahaan tidak hanya memasang iklan tapi juga memproduksi sekaligus menyebarkan sendiri berita, artikel atau feature tentang produk dan aktivitasnya kepada masyarakat melalui media yang dimiliki perusahaan,” ujarnya.
Dia menambahkan kegiatan yang disponsori penuh Pertamina ini, menghadirkan pembawa materi Priyo Suwarno dari Tribun Kaltim, praktisi teknologi informasi (IT) Tri Widodo dengan moderator Amir Syarifuddin dari inibalikpapan.com.(sb-02)