Balikpapan-Satu lagi atlet renang Kota Minyak yang mulai menunjukan berprestasinya, di tingkat daerah maupun di tingkat nasional. Atlet tersebut adalah Kaysha Radji Marzeanty panggilan Zea. Meskipun usianya baru 10 tahun, namun Zea telah mengharumkan kota kelahirannya Balikpapan di tingkat nasional. Baru-baru ini, Zea sukses menyabet dua gelar pada Kejurnas Renang Antar Klub Wali Kota Cup Jogjakarta 2018. Masing-masing medali emas gaya dada 50 meter dan medali perak gaya dada 100 meter. Selain itu, Kaysha juga berhasil meraih medali emas pada kejurprov dan kejurda di Samarinda 2017 dan 2018. Sukses Zea ini tak lepas dari peran kedua orang tuanya yang terus memberikan semangat sekaligus membiayai secara mandiri, baik selama mengikuti latihan maupun mengikuti berbagai kejuaraan daerah dan nasional.
“Ya selama ini kami orang tua yang membiayai Zea untuk latihan maupun dalam mengikuti kejuaraan renang,” kata Suradji, orang tua Zea, kepada Suara Balikpapan, kemarin. Diakui Suradji, sebenarnya dirinya sangat berharap Zea mendapat support dari pemerintah kota dan Pengcab Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) Balikpapan dalam mengikuti latihan maupun dalam mengikuti berbagai kejuaraan renang. “Selama ini dalam mengikuti kejuaraan renang Zea membawa nama Kota Balikpapan. Saya berharap dalam beberapa kejuaraan renang nanti Zea mendapat support dari pemkot dan PRSI,” harap Suradji.
Zea mengaku, sejak usia enam tahun dirinya sudah senang berenang.
“Sejak SD kelas 1 saya mulai senang berenang,” kata Zea yang bercita-cita ingin menjadi polisi ini. Sementara itu, Anggota DPRD Balikpapan Johny NG mengaku khawatir atas kurangnya perhatian pemkot dan PRSI Balikpapan terhadap Zea yang telah mengharumkan Kota Balikpapan di tingkat daerah dan nasional.
“Ya setidaknya pemkot memberikan perhatian terhadap atlet-atlet berprestasi di Balikpapan termasuk Zea yang telah mengharumkan Balikpapan di tingkat nasional,” kata Johny NG. Dia khawatir apabila atlet-atlet berprestasi di Balikpapan tidak diperhatikan, maka tidak menutup kemungkinan akan dibajak oleh daerah lain.
“Sangat disayangkan apabila atlet Balikpapan membela daerah lain. Makanya saya berharap atlet-atlet berprestasi seperti Zea mendapat perhatian serius dari pemerintah kota,” harap Ketua LPM Damai Bahagia ini.(sb-01)

BIODATA

Nama : Kaysha Radji Marzeanty Panggilan : Zea
Lahir : Balikpapan, 11 Maret 2009 Ayah : Suradji
Ibu : Nurhasanah
Sekolah : Kelas IV SDN 014 Balikpapan Selatan
Alamat : Perumahan Griya Permata Asri (GPA), Jl Sadang, Blok C Nomor 2, RT 42 Gunung Bahagia, Balikpapan Selatan

PRESTASI
-Juara 1 Kejurprov Renang Gaya Dada 50 Meter, Samarinda 2017
-Juara 2 Kejurprov Renang Gaya Dada 100 Meter, Samarinda 2017 Juara 1 Kejurda Renang Gaya Dada 50 Meter, Samarinda 2018
-Juara 1 Kejurda Renang Gaya Dada 100 Meter, Samarinda 2018 -Juara 1 Kejurnas Renang Gaya Dada 50 Meter Antar Klub Wali Kota Cup, Jogjakarta 2018
-Juara 2 Kejurnas Renang Gaya Dada 100 Meter Antar Klub Wali Kota Cup, Jogjakarta 2018