Balikpapan(SB)-Permasalahan air bersih sepertinya tidak habis-habisnya dikeluhkan oleh masyarakat, seiring dengan bertambahnya permukiman dan jumlah penduduk. Apalagi, sumber air baku PDAM hanya bergantung pada Waduk Manggar di kawasan Jalan Soekarno-Hatta Km 12 yang merupakan waduk tadah hujan dan beberapa sumur dalam.
Demikian diungkapkan juru bicara Fraksi PDIP DPRD Balikpapan Wiranata Oey, dalam rapat paripurna pandangan fraksi mengenai Raperda RTH, Rabu (21/11/2018).
“Kebutuhan air bersih masyarakat terus meningkat. Sedangkan sumber air baku PDAM hanya berharap pada Waduk Manggar dan sumur dalam,” kata anggota Komisi II DPRD Balikpapan ini.
Untuk itu, ia berharap apabila Waduk Teritip beroperasi mampu menyuplai kebutuhan air bersih bagi masyarakat Balikpapan.
“Saya melihat kondisi PDAM masih jalan ditempat lantaran masih banyak permasalahan di lapangan khususnya pemasangan jaringan pipa maupun pendistribusiannya. Sehingga persoalan air bersih tidak pernah tuntas,” ujar Oey yang kembali mencalonkan diri sebagai anggota legislative dari Dapil Balikpapan Tengah.
Menurutnya, masalah air bersih ini disampaikan warga saat reses serta datang langsung menghadap anggota dewan.
“Untuk itu kami berharap kedepan untuk pengangkatan Direksi PDAM agar anggota dewan dilibatkan,” pintanya.
Sementara itu, Direktur Umum PDAM Gazali Rakhman ketika dikonfirmasi terkait keluhan tersebut mengaku, pihaknya akan melakukan rekap terkait keluhan masyarakat saat reses anggota dewan.
“Nanti kami rekap dulu mana yang menjadi prioritas. Intinya PDAM akan mengakomodasi aspirasi yang disampaikan oleh masyarakat, tetapi tidak sekaligus namun bertahap,” kata Gazali lewat telepon selulernya.
Diakui Gazali, PDAM tetap berupaya mengakomodasi seluruh keluhan dari masyarakat terkait kebutuhan air bersih. Namun, karena keterbatasan sumber air baku dan infrastruktur, sehingga pelayanan air bersih dilakukan secara bertahap.
“Kami usahakan diakomodasi pada APBD 2019 atau APBD 2020. Mudah-mudahan dengan beroperasinya Waduk Teritip, kebutuhan air bersih seluruh masyarakat Balikpapan bisa terpenuhi,” harapnya.(sb-01/sb-02).