Balikpapan(SB)-Sejumlah kawasan jalan protokol di Kota Minyak selama lima tahun terakhir mengalami perubahan yang cukup signifikan. Seperti di Jalan Jenderal Sudirman dan Jalan Ahmad Yani, kondisi trotoarnya setiap tahun terus dibenahi dan ditanami pohon pelindung sehingga mulai mirip kota-kota besar di Asia Tenggara seperti Singapura dan Malaysia. Adanya penataan trotoar ini tak lepas dari peran Wali Kota Rizal Effendi yang telah menjabat dua periode. Hal ini diungkapkan sejumlah warga Balikpapan kepada suarabalikpapan.com, Rabu (19/12/2018) siang.
“Sejak pak Rizal jadi wali kota jalan-jalan protokol di Balikpapan ditata kembali sehingga berubah total,” kata Rahma Indrawati, warga RT 05 Kelurahan Klandasan Ulu.
Menurutnya, penataan jalan protokol tersebut mirip yang ada di Singapura. Seperti penghijauan bahu jalan dan taman kota.
“Penghijauannya mirip di Singapura. Jadi meskipun terik matahari suhunya terasa adem,” ujar pengusaha UKM yang sering bolak- balik ke luar negeri ini.
Hal senada diungkapkan Alexander Ridwan warga Sepinggan, ia berharap kedepan seluruh jalan protokol di Balikpapan dilakukan penataan sehingga para pejalan kaki merasa nyaman.
“Kalau di luar negeri seperti di Singapura warganya lebih senang jalan kaki dan nongkrong di taman karena udaranya sejuk,” ujar salah satu pegawai migas ini.
Selaku warga Balikpapan dia berharap diakhir masa jabatan Wali Kota Rizal Effendi yang berpasangan dengan Rahmad Mas’ud terus melakukan penataan dan pembenahan kawasan jalan protokol di Balikpapan, guna memberikan kenyamanan bagi pejalan kaki.
“Semoga sampai jabatan berakhir pak Rizal dan pak Rahmad terus melakukan penghijauan di Balikpapan, karena kota yang hijau dan tertata dengan baik udaranya pasti sehat,” pungkas pria yang tinggal di kawasan perumahan elite di Balikpapan Selatan ini. (sb-01)