Kutai Timur(SB)-SDN 006 Desa Tanah Abang, Kecamatan Long Mesangat, memanfaatkan lahan pekarangan dengan ditanami pohon pelindung, tanaman buah, serta bunga.
Dengan adanya tanaman ini membuat sekolah semakin nyaman, rindang, dan sejuk.
Kepala SDN 006 Long Mesangat Sugiyanto menjelaskan kesadaran akan lingkungan seperti ini harus diterapkan sejak usia dini. Mengingat pentingnya penghijauan dalam menciptakan daerah serapan air dalam mengatasi banjir dan longsor.
“Selain itu nantinya hasil dari pada bercocok tanam tersebut dapat pula dikomsumsi bersama, dan paling penting akan menjadikan lingkungan sekolah nampak asri dan hijau,” katanya.
Dalam program pencanangan sekolah hijau, selain didukung oleh Dinas Pendidikan Kutai Timur (Disdik) Kutim, pemanfaatan pekarangan sekolah tersebut turut pula mendapatkan dukungan tanaman dari Tim Pengerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kecamatan Long Mesangat, berupa bantuan bibit tanaman.
“Bantuan yang kami terima berupa bibit buah, seperti jenis pohon mangga, belimbing, jambu, sawo. Dalam mewujudkan program “Go Green To School” kami tak mau kalah tertinggal dengan keberadaan sekolah yang ada di kota Sangatta lainya,” pungkasnya. (sb-05)