Kutai Timur(SB)–SDN 008 Sangatta Utara laik dicontoh. Pasalnya, sekolah ini tidak hanya melaksanakan kegiatan mengajar mengajar (KBM) tetapi juga melaksanakan pemeriksaan kesehatan gratis bagi muridnya.
Dalam kegiatan sosial tersebut, pihak SDN 008 Sangatta Utara melakukan kerja sama dengan tim kesehatan Puskesmas Teluk Lingga.
Pemeriksaan kesehatan ini terdiri dari, imunisasi atau vaksin, pemeriksaan kesehatan mulut dan gigi, kebersihan badan, serta pemberian obat valiariasis atau obat kaki gajah.
“Kerja sama ini dilaksanakan untuk menunjang kesehatan semua warga sekolah terutama anak didik,” kata Kepala SDN 008 Sangatta Utara, Supik Atun, kepada media ini. Pemeriksaan kesehatan gratis lantaran sebagian besar murid SDN 008 Sangatta Utara tinggal di daerah pinggiran kota.
“Ditambah lagi, mata pencaharian orang tua mereka yang rata-rata berkebun sehingga untuk periksa atau kontrol sendiri ke pusat kesehatan tidak bisa dilakukan secara rutin,” aku Supik.
Diakui Supik, selama ini tidak ada kendala dalam melakukan kerja sama dengan pihak puskesmas. Hanya saja pemeriksaan kesehatan tidak ada kelanjutan dari orang tua.
“Dari pemeriksaan rutin ini yang banyak ditemukan adalah masalah kesehatan pada gigi anak. Tetapi sebagian anak saja. Kami sebagai tenaga pendidik di SDN 008 Sangatta Utara sangat mengapresiasi adanya kerja sama ini. Begitupun dengan anak didik kami. Mereka sangat senang setiap bulan dikunjungi tim dokter dari Puskesmas Teluk Lingga. Untuk itu kami sangat mengharapkan kerja sama ini terus dilaksanakan,” harap Supi. (sb-05)