SERU:Pembukaan Mural Competition, di Kampung Literasi, RT 09, Kelurahan Klandasan Ilir, Balikpapan Kota, Minggu (28/4/2019).

Suarabalikpapan.com-Ratusan pelukis mural di Balikpapan mengikuti Mural Competition dengan tema “Edukasi, Literasi, Budaya dan Kearifan Lokal” di Kampung Literasi, RT 09, Kelurahan Klandasan Ilir, Kecamatan Balikpapan Kota, pada Minggu (28/4/2019).
Kegiatan yang digelar PT Pertamina RU V Balikpapan ini berlangsung 28 April sampai 1 Mei 2019. Ada 43 media di tembok yang disediakan oleh panitia untuk peserta lomba literasi, yang diikuti 130 orang. Satu media diikuti tiga peserta.
Manager Communication & CSR Pertamina, Region Kalimantan
Heppy Wulansari mengatakan, kampung literasi ini mendapat dukungan dari Pertamina Kalimantan guna mensukseskan gerakan literasi nasional yang di canangkan oleh pemerintah.
“Jadi dalam literasi ini tentunya kita akan membantu meningkatkan animo masyarakat terhadap budaya membaca dan menulis. Bagaimana mereka bisa tertarik dengan lumerik kemudian digitalisasi kemudian juga tentang budaya,” kata Heppy, kepada suarabalikpapan.com, di sela-sela lomba.
Menurut Heppy, dengan adanya kampung literasi ini juga bisa meningkatkan kualitas generasi muda Indonesia. Jadi
segmenya bukan hanya generasi muda, tapi semua usia juga bisa tergabung dalam kampung literasi ini.
“Jadi mural competition ini sebetulnya untuk pemantik animo dan semangat masyaralat untuk tertarik tentang literasi. Karena kami tidak ingin literasi ini dipahami sebagai sesuatu yang berat, tetapi dengan mural ini kami ingin mengajak dan membuat persepsi bahwa literasi itu adalah sesuatu yang menyenangkan dan bisa dinikmati bersama,” terangnya.
Lomba ini diharapkan menepis stigma yang selama ini diberikan pada pelukis mural dan karyanya ditembok-tembok jalanan.
“Dengan lomba ini Kami berharap bisa menghilangkan stigma yang seringkali menimpa karya-karya pelukis mural bahwa mereka itu kumuh dan kotor,” tandas Heppy.(sb-02)