RAMAI:Para penumpang arus mudik tujuan Pare Pare-Makassar, Bau Bau yang memadati Pelabuhan Semayang, Selasa (14/5/2019) sore.

Suarabalikpapan.com-Ribuan arus mudik Lebaran 1440 H mulai memadati Pelabuhan Laut Semayang Balikpapan. Pada Selasa, (14/5/2019) pukul 15.00 wita ribuan penumpang Kapal Motor (KM) Lambelu tujuan Pare Pare-Makassar-Bau Bau telah memenuhi kapal dengan kapasitas 3.000 penumpang tersebut.
Para penumpang mengaku ingin mudik lebih cepat karena khawatir kehabisan tiket yang semakin mahal mendekati Lebaran.
“Kalau pulang seminggu sebelum Lebaran saya khawatir tidak dapat tiket, soalnya kapal penuh,” kata Laode, penumpang dengan tujuan Bau Bau, kepada suarabalikpapan.com.
Menurut pria yang bekerja di perusahaan sawit di kawasan Kabupaten Paser ini, dirinya mudik bersama enam orang rekannya.
Hal senada diungkapkan Udin penumpang tujuan Pare Pare, ia mengaku memilih mudik menggunakan kapal laut karena tiket pesawat cukup mahal.
“Kalau naik pesawat tiketnya mahal. Apalagi saya mudik dengan keluarga semuanya ada enam orang,” kata pria yang bekerja pada perusahaan perkapalan di Samarinda ini.
Sebelumnya, Kepala Cabang PT Pelni Balikpapan Yohanes Bane mengatakan, pihaknya menyiapkan 6 kapal penumpang untuk angkutan lebaran dengan kapasitas 4.000 sampai 5.000 seat yakni KM Labobar, KM Lambelu dan KM Bukit Siguntang. Sedangkan untuk kapal tambahan yaitu KM Dorolonda, KM. Umsini dan KM Ngapulu.
“Dari sisi keselamatan, kami telah menyiapkan peralatan keselamatan agar sesuai dengan ramp check rutin,” terangnya.
Yohanes meminta, kepada pemudik Lebaran agar segera berangkat guna menghindari membeludaknya penumpang pada H-9, H-8, H-7 sampai H-3.
“Jadi apabila pemudik berangkat pada hari-hari tersebut maka dapat dipastikan banyak calon pemudik yang tidak bisa berangkat karena kapasitas kapal sangat terbatas,” pungkasnya.(sb-01/sb-02).