SEMANGAT:Peserta lokakarya mini lintas sektor berfoto bersama di sela-sela kegiatan.

Suarabalikpapan.com,BALIKPAPAN-Kelurahan Telaga Sari menggelar lokakarya mini lintas sektor, di Aula Puskesmas Telaga Sari, Selasa (21/5/2019).
Lokakarya dihadiri langsung Sekretaris Camat Balikpapan Kota Slamet Djunaidi, Lurah Telaga Sari Sunarto, Babinkamtibmas, Kader PKK, Ketua RT di wilayah Kelurahan Telaga Sari serta puluhan undangan lainya.
Kepala Puskesmas Telaga Sari, Rusna Azizah Azis, dalam sambutanya mengatakan, kegiatan lokakarya lintas sektor ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan setahun empat kali, yang bertujuan memonitoring kegiatan kesehatan di wilayah kerja puskesmas.
“Dari hasil monitoring itu kita bisa lihat hasil kinerjanya puskesmas seperti apa, apakah ada program yang yang belum tercapai, apakah ada kendala dan lain sebagainya.
Seperti jumlah bayi yang ditimbang perjumlah sasaran, seperti contoh jadi jumlah bayi berapa dan yang hadir ke posyandu berapa, kalau yang standarnya itu yang hadir 80 persen, sementara untuk di Kelurahan Telaga Sari itu ada 4 RT yang di bawah 80 persen. Seperti RT 04, 07, 40,” terangnya.
Jadi langkah selanjutnya akan mengadakan survei mawasdiri ke beberapa RT yang tingkat kesadarannya rendah, selanjutnya dicari penyebabnya warga yang tidak mau hadir ke posyandu.
Selain itu, diberikan penyuluhan dan sosialisasi agar kedepannya masyarakat setempat sadar akan pentingnya hadir ke posyandu.
“Tentu dalam menyikapi dan merespon permasalahan kesehatan harus keterlibatan semua pihak, semua elemen dan unsur terkait untuk bergandengan tangan, memperbaiki sistem dan merubah pola hidup sehat di masyarakat, sehingga apa yang dicita-citakan dapat terwujud,” pungkasnya.(sb-02).