SEMANGAT:Petugas PLN bekerja keras untuk memenuhi pasokan listrik di Kaltim dan Kaltara saat lebaran.

Suarabalikpapan.com,BALIKPAPAN-PT PLN menjamin pasokan listrik aman selama perayaan Idul Fitri di Kaltim dan Kaltara (Kaltimtra).
“Menjelang perayaan Idul Fitri 1440 H, PLN menjamin kenyamanan masyarakat dengan suplai listrik yang andal. Seluruh elemen yang mendukung kelancaran suplai listrik seperti jaringan, peralatan kerja, dan tim siaga seluruhnya disiapkan sesuai SOP yang berlaku,” kata General Manager PLN Unit Induk Wilayah Kaltimra (UIW Kaltimra), Djoko Dwijatno, dalam Apel Siaga Idul Fitri 2019, pada Kamis (23/05/2019).
Menurutnya, untuk kesiapan pasokan listrik, PLN telah menyiapkan 56 posko siaga lebaran yang tersebar di Balikpapan, Samarinda, Tenggarong, Bontang, Berau hingga Tarakan, dengan 885 petugas standby. Sedangkan piket siaga lebaran diberlakukan H-15 sampai H+15 Idul Fitri. “Hal ini dilakukam untuk memberikan kelancaran dan kenyamanan umat muslim dalam beribadah selama merayakan Hari Raya Idul Fitri,” ujar Djoko Dwijatno.
Menurutnya, memasuki siaga lebaran PLN masih dalam status siaga pasca Pemilu. Selain itu, PLN juga mengantisipasi cuaca extreme yang sewaktu-waktu bisa mengganggu aliran listrik.
Djoko menjelaskan, sistem kelistrikan di Kaltim saat ini berjalan dengan sistem interkoneksi yang diberi nama Sistem Kalimantan dengan daya mampu hingga 1.550 MW. “Sistem kelistrikan inilah yang menyuplai kebutuhan listrik untuk Kaltim, meliputi Balikpapan, Samarinda, Tenggarong, Bontang, hingga Sangatta, dengan beban puncak berkisar 452 MW. Sementara di Kaltara akan berjalan dengan sistem isolated sesuai wilayahnya,”terangnya.
Djoko berharap suplai listrik untuk momen Idul Fitri berjalan lancar.
“Mari kita sama-sama berdoa dan berharap bahwa semuanya berjalan dengan lancar tanpa suatu hambatan yang berarti. Besar harapan kami masyarakat dapat menjalankan sisa waktu Ramadhan hingga silaturahmi Idul Fitri nanti dengan nyaman tanpa adanya gangguan-gangguan listrik yang berarti,” pungkasnya.(sb-02).