by

2021, Pemasangan PJU di Balikpapan Dialokasikan Rp6 Miliar

BALIKPAPAN,suarabalikpapan.com-Komisi III DPRD Kota Balikpapan menggelar rapat dengar pendapat (RDP) dengan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Balikpapan terkait pengadaan Penerangan Jalan Umum (PJU), di ruang kerja Komisi III, Rabu (13/1/2021).

RDP dipimpin Wakil Ketua Komisi III Wiranata Oey didampingi  Ali Munsjir Halim, Syarifuddin Oddang, Danang Eko Susanto, Taufiq Qul Rahman dan Nelly Turualo.

Wiranata Oey kepada awak media menjelaskan,  terkait pengadaan PJU sesuai Peraturan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Nomor 130 Tahun 2018, tidak semua pengerjaan PJU di kerjakan oleh Dishub.

“Berdasarkan peraturan tersebut bahwa jalan empat meter keatas dikerjakan oleh Dishub, sedangkan empat meter kebawah dikerjakan oleh kecamatan dan kelurahan dengan total anggaran 2021 diangka Rp6 miliar,” kata Wiranata Oey.

Wakil Ketua Komisi III DPRD Balikpapan Wiranata Oey

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Balikpapan Sudirman Djayaleksana mengatakan, anggaran  pengerjaan PJU tahun 2021 sebesar Rp6 miliar, meliputi Rp2 miliar untuk pemeliharaan dan Rp4 miliar pemasangan baru. Sedangkan dari 1.910 sambungan di tahun 2020 hanya terpasang 600 sambungan. Sisanya 1.310 akan dikerjakan 2021.

“Melihat kondisi anggaran 2021 dipastikan tidak mencukupi menyelesaikan sisanya 1.310 sambungan. Tetapi Dishub juga akan mengajukan pada APBD Perubahan 2021,” kata Dirman.

Anggota Komisi III Amin Hidayat menilai, dengan  anggaran  Rp6 miliar tidak mencukupi menyelesaikan pemasangan PJU yang tersisa 1.310 sambungan.

“Bahkan dari 34 kelurahan, hanya 11 kelurahan yang mengajukan pemasangan PJU baru, belum lagi dari hasil reses anggota dewan adanya permintan warga, baik pemelihara maupun pemasangan PJU,” aku anggota DPRD Dapil Balikpapan Utara ini. (sb-03).

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita terkini