AKRAB:Bupati AGM didampingi Gubernur Kaltim Isran Noor dan Wabup Hamdam

Penajam (SB)–Bupati Penajam Paser Utara (PPU), Abdul Gafur Mas’ud (AGM), memimpin upacara HUT ke-17 Kabupaten PPU di halaman Kantor Bupati, Senin (11/3/2019).
Tema HUT “Dengan Semangat Hari Jadi ke-17 Kabupaten Penajam Paser Utara Kita Bangun Kebersamaan Untuk Wujudkan PPU Bersinar, Maju, Modern dan Religius”. Bagi AGM ini kali pertama dirinya mengikuti upacara HUT PPU sebagai bupati.
Upacara dihadiri Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor, Bupati Kutai Kartanegara Edi Damansyah, Bupati Kutai Barat FX Yapan dan Wakil Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud.
Dalam sambutannya AGM mengatakan, HUT ke-17 Kabupaten PPU harus dijadikan momentum untuk introspeksi sembari mengupayakan perbaikan dan kesuksesan di masa depan. Tahun 2019 dan masa depan PPU harus dihadapi dengan kerja keras dan kerja nyata serta optimisme tinggi untuk mewujudkan PPU yang Maju, Modern dan Religius.
“Sehubungan dengan hal itu, saya mohon dukungan dan kerja sama seluruh jajaran Pemerintah Kabupaten Penajam PPU, unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD), DPRD, instansi vertikal, swasta, serta berbagai komponen lainnya yang ada di dalam masyarakat,” kata AGM.
Selaku Bupati PPU AGM mengaku, telah mencanangkan program BPJS PBI (Penerima Bantuan Iuran) yang semua warganya dijamin kesehatannya dengan status tingkatan kelas 3 oleh Pemkab PPU dengan sistem Universal Health Coverage (UHC) serta program pelayanan pendidikan kepada masyarakat melalui pendidikan gratis mulai TK hingga SMA melalui Bosda. Sedangkan untuk sekolah swasta dan madrasah diberikan bantuan operasional melalui dana hibah, sama seperti SMA/SMK.
“Pemerintah Kabupaten PPU memberikan insentif kepada guru honorer melalui bantuan keuangan. Penyelenggaraan pendidikan ini dimaksudkan untuk mempercepat pemerataan pendidikan di wilayah PPU dan tidak ada lagi anak usia sekolah tidak bersekolah karena alasan ekonomi keluarganya,” akunya.
Lanjut AGM, PPU patut berbangga karena di awal tahun 2019 berhasil menorehkan prestasi dengan mendapatkan dua panji keberhasilan pembangunan yaitu Terbaik I dalam Bidang Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil dan Terbaik I dalam Bidang Pengembangan IPTEK dan Inovasi pada upacara HUT ke-62 Provinsi Kaltim.
“Saya ucapkan selamat dan terima kasih kepada penerima penghargaan tersebut beserta jajarannya atas kerja keras, pengabdian dan pengorbanannya, juga para tokoh dan seluruh warga masyarakat yang memberikan dukungan penuh bagi kemajuan PPU. Untuk itu, janganlah berpuas diri tetapi tetap konsisten dan komitmen serta fokus untuk tetap melakukan karya nyata dan terus berinovasi demi kemajuan dan kesejahteraan Kabupaten PPU,” katanya.
“Saya berharap keberhasilan dalam dua bidang kategori tersebut, dapat diikuti oleh bidang-bidang lainnya pada HUT Provinsi Kaltim yang akan datang,” harapnya.(sb-04)