by

Alwi : Tiga Persoalan Kota Jadi Skala Prioritas

BALIKPAPAN,suarabalikpapan.com-Komisi III telah mengusulkan kepada Pemkot Balikpapan tiga permasalahan kota yang menjadi skala prioritas di Balikpapan, meliputi penanganan banjir, penambahan sekolah baru dan rumah sakit. Hal ini diungkapkan Ketua Komisi III DPRD Kota Balikpapan Alwi Al Qadri disela sela rapat paripurna tentang usulan pemberhentian dan pengumuman berakhir jabatan Wali Kota dan Wakil Walikota masa jabatan 2016-2021 di gedung parlemen, pada Senin (22/2/2021).

Diakui Alwi,  Wali Kota Rizal Efendi bukannya tidak berhasil, tetapi fakta yang ada persoalan banjir masih terus terjadi dan bertambah di beberapa titik.

“Inilah yang harus menjadi perhatian, belum lagi hasil temuan kami saat melakukan inspeksi mendadak (sidak) terkait pengupasan lahan. Sehingga menambah daftar panjang penanganan banjir. Ditambah lagi lemahnya pengawasan, sehingga terjadi pembiaran oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Satpol PP, Camat serta Lurah,” kata Alwi.

Alwi menegaskan, meskipun saat ini akan dilakukan perbaikan beberapa drainse, tetapi masih terjadi pengupasan lahan percuma dan mubazir.

“Makanya kami meminta kepada Wali Kota Balikpapan terpilih nanti selain menuntaskan persoalan banjir, segera dibangun Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) di wilayah Balikpapan Barat dan Timur, sehingga ada pemerataan di bidang kesehatan. Sampai saat ini kedua kecamatan tersebut belum memiliki RSUD. Apa lagi dimasa pademi Covid-19, yang belum tahun kapan akan berakhir,” ujar politisi Partai Golkar ini.

Alwi juga mengusulkan penambahan sekolah baru, sebab saat memasuki ajaran baru, hampir semua pelajar lulusan SD dan SMP ingin masuk kesekolah negeri. Ia mencontohkan salah satunya MTS Negeri daya tampungnnya hanya 250 siswa, tetapi yang mendaftar hampir 1.200 siswa.

“Hal  ini tidak berbanding lurus antara jumlah kelulusan dengan jumlah sekolah. Semoga Wali Kota terpilih nantinya mampu menyelesaikan persoalan banjir, kesehatan dan pendidikan,” harap anggota DPRD Dapil Balikpapan Barat ini. (sb-03).

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

76 views

Berita terkini