by

BMKG : Januari-Februari 25 Daerah Waspada Banjir, Termasuk Kaltim

JAKARTA,suarabalikpapan.com-Sebanyak 25 daerah di Indonesia termasuk Kalimantan Timur diminta untuk waspada terhadap cuaca ekstrem pada Januari dan Februari 2021.

Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) sepanjang bulan tersebut merupakan puncak musim hujan dan berpotensi menimbulkan banjir.

Dalam konferesni pers daring, Jumat (15/1/2021), Kepala Pusat Informasi Perubahan Iklim BMKG Dodo Gunawan mengatakan, bulan Januari hingga Februai 2021 akan menjadi puncak musim hujan hampir di seluruh wilayah Indonesia.

“Atas dasar itu BMKG mengingatkan masyarakat untuk mewaspadai potensi banjir menjelang puncak musim hujan 2021,” imbuh Dodo Gunawan sebagaimana dikutip dari kompas.com, Sabtu (16/1/2021).

Hal serupa diungkapkan Guwanto, M.Si selaku Deputi Bidang Meteorologi, ia menjelaskan, dilihat dari kondisi lokal, regional maupun global, pada tanggal 16-21 Januari 2021 akan terjadi hujan lebat dengan intensitas sedang dan lebat di beberapa wilayah di Indonesia.

“Angin Monsun Asia mengalami penurunan intensitas dalam sepekan terakhir dan diprakirakan akan meningkat kembali dalam sepekan ke depan,” katanya.

Disebutkan Guswanto, waktu hujan dengan intensitas lebat lebih cenderung terkonsentrasi pada pagi hari, siang hari, dan sore hari.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengingatkan peluang terjadinya multi bahaya atau multi risiko, baik dari aspek cuaca, iklim, gempa bumi, atau pun tsunami yang akan semakin meningkat pada bulan Januari, Februari, hingga Maret 2021.

“Puncak bencana hidrometeorologi diperkirakan Januari- Februari. Namun, seiring dengan itu peluang atau potensi kegempaan juga meningkat,” sambung Dwikorita.

Wanita yang pernah menjabat sebagai Rektor Universitas Gadjah Mada (UGM) itu juga memaparkan, cuaca pada 15 Januari 2021 yang diprediksi dengan probabilistik lebih dari 60 persen berpotensi hujan lebat hingga ekstrem di Jawa Timur, Papua Barat, dan Papua.(*/sb-02)

Berikut wilayah yang berpotensi hujan sedang-lebat pada tujuh hari ke depan:

Sumatera

1. Aceh

2. Sumatera Utara

3. Jambi

4. Sumatera Selatan

Jawa

1. Banten

2. Jawa Barat

3. Jawa Tengah

4. DI Yogyakarta

5. Jawa Timur

Bali & Nusa Tenggara

1.Nusa Tenggara Barat

2. Nusa Tenggara timur

Kalimantan

1. Kalimantan Utara

2. Kalimantan Timur

3. Kalimantan Selatan

Sulawesi

1. Sulawesi Utara

2. Gorontalo

3. Sulawesi Tengah

4. Sulawesi Barat

5. Sulawesi Selatan

6. Sulawesi Tenggara

Maluku

1.Maluku Utara

2.Maluku

Papua

1.Papua Barat

2.Papua

Sumber : BMKG

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

13 views

Berita terkini