by

Dewan Sambut Baik Baltim Ditetapkan Daerah Pertumbuhan Baru, Pemkot Bakal Atur Tata Ruang Wilayah

BALIKPAPAN,suarabalikpapan.com-Penetapan Balikpapan Timur (Baltim) sebagai daerah pertumbuhan baru mendapat sambutan baik dari Wakil Ketua DPRD Balikpapan Sabaruddin Panrecalle.

Menurutnya, 10 tahun lalu dirinya telah menyampaikan bahwa pembangunan harus di arahkan ke wilayah Balikpapan Timur untuk mengantisipasi kepadatan penduduk dan mengurai kemacetan arus lalulintas di wilayah perkotaan.

“Untuk mengurai kemacetan dan mengantisipasi kepadatan penduduk pemerintah kota harus melakukan penataan ruang yang baik. Sebab sudah banyak masyarakat yang mengeluhkan  pusat-pusat keramaian selalu di bangun di Balikpapan Kota,” kata Sabaruddin, kepada media ini, Kamis (14/1/2021)

Politisi Gerindra ini mengungkapkan pemerintah menetapkan  Baltim sebagai daerah pertumbuhan baru maka perlu dijelaskan terlebih dahulu kepada masyarakat Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW)  dan Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) wilayah Baltim.

“Kalau sebelumnya wilayah Baltim diplotin kawasan industri dan  pariwisata, sekarang saya tidak tahu secara detailnya arahnya ke mana. Kalau memang semangatnya Baltim untuk daerah pertumbuhan baru. Saya sangat setuju sebab daerah potensial di Balikpapan yang perlu dikembangkan tinggal dua yaitu Balikpapan Timur dan Balikpapan Utara. Karena yang lain sudah habis dikembangkan,” ujar anggota DPRD Dapil Balikpapan Timur ini.

Diakui Sabaruddin wilayah Baltim memang sangat layak dikembangkan sebagai daerah pertumbuhan baru sebab berbatasan langsung dengan kawasan daerah calon Ibu Kota Negara (IKN) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) yang terkoneksi dengan Penajam Paser Utara (PPU) dan Samarinda.

“Tapi sebelum pengembangan pertama kali yang harus diperhatikan yaitu infrastruktur seperti jalan, sekolah, rumah sakit dan fasilitas lainnya,” pinta Sabaruddin.

Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi

Sementara itu, Walikota Balikpapan Rizal Effendi menegaskan,  wilayah Baltim ditetapkan sebagai daerah pertumbuhan baru. Sebab Baltim saat ini menjadi dianggap daerah paling nyaman dihuni.

“Tahap pertama yang kita lakukan adalah penataan ruang terlebih dahulu, kemudian pengembangan infrastruktur karena daerah Baltim berbatasan dengan Kukar dan Samarinda. Kita harus tata ulang jangan sampai nanti semrawut (tidak teratur) makanya tata ruang (RTRW) akan kita atur. Tetapi kita fokus dulu untuk penanganan Covid-19,” kata Wali Kota Rizal Effendi, di kantor balaikota, Kamis (14/1/2021).

Sebagai daerah pusat pengembangan baru, Baltim telah dibangun oleh pemerintah kota berbagai fasilitas pendukung seperti Waduk Teritip untuk kebutuhan air bersih, pembangunan permukiman baru, seperti perumahan Jokowi, menata fasilitas obyek wisata, serta berbagai fasilitas pendukung lainya.

Ia menambahkan, penetapan Baltim sebagai pusat pengembangan baru salah satunya sebagai daerah penyanggah IKN di PPU dan Kukar.(sb-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

10 views

Berita terkini