by

Dishub Paser Akhiri Kerjasama Pengelolaan Parkir dengan Pihak Ketiga

TANA PASER,suarabalikpapan.com-Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Paser telah mengakhiri kerjasama pengelolaan parkir pinggir jalan  dengan CV Daya Taka dan Koperasi Serba Usaha Putra selaku pihak ketiga 2020 lalu.

“Kerjasama tersebut akan dievaluasi dan diperbaharui,” kata Kepala Dishub Kabupaten Paser, Innayattullah, kepada media ini, di ruang kerjanya, Rabu (13/1/2021).

Pihaknya menginginkan tahun 2021 pengelolaan parkir harus lebih baik dari tahun sebelumnya. Untuk itu ia akan menerapkan beberapa pola baru yang bertujuan untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat yang menggunakan jasa parkir.

“Bukan hanya hasil nominal yang kami harapkan membaik. Tapi pelayanan dari petugas parkir juga harus bisa lebih baik lagi, sehingga masyarakat yang datang dan memarkirkan kendaraannya merasa puas, aman dan nyaman,”jelasnya.

Ia mengakui bahwasannya penerapan Perda berkaitan dengan retribusi parkir merupakan pertama kali diterapkan di tahun 2020. Meskipun perda tersebut telah terbentuk dan disahkan tahun 2011. Ia menyadari ditahap awal penerapan tentunya terdapat beberapa kekurangan yang harus di perbaiki.

“Namanya juga baru pertama kali diterapkan, tentunya wajar jika terdapat kekurangan. Tapi dari itu kami belajar dan akan melakukan evaluasi sehingga kekurangan yang terjadi di tahun 2020 tidak lagi terulang di tahun 2021,” kata Inayattullah.

Menurutnya petugas parkir tidak hanya sekadar menarik retribusi parkir dari masyarakat. Tapi petugas parkir juga harus mengatur agar kendaraan yang terparkir juga tampak rapi dan tidak terlalu mengganggu pengguna jalan.

“Tujuan adanya petugas parkir itu untuk menata parkir kendaraan masyarakat di beberapa ruas jalan. Disisi Lain juga akan berpengaruh pada keamanan kendaraan yang terparkir. Disini peranan dan tugas dari tukang parkir untuk mengatur parkiran kendaraan masyarakat, sehingga tidak terlalu mengganggu pengguna jalan,” terangnya.

“Saat ini kami dari pihak Dishub untuk sementara tidak melakukan pungutan parkir di beberapa ruas jalan sebab masih dalam tahap evaluasi, kami telah mengingatkan kepada pengelola yang dulu dan beberapa jukir yang telah datang ke Kantor Dishub, apabila mereka memungut itu termasuk kategori pungutan liar (pungli), dan kami bisa melaporkan kepada pihak yang berwajib,” pungkasnya.(sb-06)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita terkini