by

Dolar Melambung, Iwan:Maksimalkan Sektor Pariwisata

-Uncategorized-2 views

Balikpapan-Melambungnya nilai tukar rupiah terhadap Dolar Amerika Serikat seharusnya bisa dimanfaatkan Pemkot Balikpapan untuk meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) di sektor pariwisata.
Demikian diungkapkan Wakil Ketua Komisi II DPRD Kota Balikpapan Iwan Wahyudi, menurutnya nilai tukar rupiah terhadap Dolar Amerika Serikat yang mendekati Rp 15 ribu bisa menjadi momentum bagi pemkot untuk menggenjot PAD di sektor pariwisata, guna menarik jumlah kunjungan wisatawan mancanegara.
“Mestinya ini bisa menjadi bahan evaluasi agar pemkot mendorong potensi destinasi wisata. Sehingga bisa menarik wisatawan mancanegara,” kata politikus PPP ini, baru-baru ini.
Menurut Iwan, Kota Balikpapan memiliki destinasi wisata alam yang cukup menarik. Salah satunya enclosure beruang madu di Kawasan Wisata Pendidikan Lingkungan Hidup (KWPLH) Km 23 poros Balikpapan-Samarinda. Selain itu, Mangrove Center Graha Indah, serta obyek wisata Pantai Segara Sari Manggar.
“Seharusnya pemerintah melihat potensi yang baik dari tingginya nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika, dengan melakukan promosi destinasi wisata karena kota ini juga memiliki wisata kuliner yang beragam dan
wisata belanja cinderamata khas Kalimantan di Pasar Inpres Kebun Sayur. Begitu juga dengan Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan,” katanya.
“Secara nasional pemerintah menargetkan 20 juta wisatawan mancanegara datang ke Indonesia pada tahun ini. Target itu sudah termasuk 34 ribu wisatawan internasional yang berkunjung ke kota Balikpapan,” pungkasnya. (sb-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 views