by

DPRD Usulkan Kearsipan Balikpapan Diolah Secara Digital

BALIKPAPAN,suarabalikpapan.com-DPRD Kota Balikpapan menggelar rapat paripurna yang dipimpin Wakil Ketua DPRD Budiono, pada Senin (15/3/2021). Rapat membahas tentang pandangan umum Fraksi terhadap Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Kearsipan.

“Secara umum setuju, bagaimana pun kearsipan ini hal yang sangat penting dan diperlukan sebagai pemenuhan Undang-Undang,” kata Budiono, kepada awak media usai, rapat paripurna.

Menurutnya, saat ini fisik arsip seperti yang disampaikan setiap Fraksi bahwa, rencana akan membangun jaringan dan perangkat serta pengelolaanya dari masing-masing SKPD (satuan kerja perangkat daerah) untuk membenahi data-data arsip secara elektronik atau digital.

“Saat ini yang ada di perpustakaan saja. Kedepan arsip Pemerintahan Kota Balikpapan sebagai bank data,” ungkapnya.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Balikpapan sekaligus Koordinator Komisi I Subari mengatakan, kearsipan ini sangat penting sekali. Selama ini untuk Balikpapan masih lemah dibandingkan dengan daerah-daerah lain. Inisiatif Raperda ini bermanfaat untuk ke depannya.

“Arsip itu adalah sebuah data dokumentasi yang nantinya menjadi sejarah buat Kota Balikpapan. Ketika ada persoalan bisa membuka arsip. Balikpapan memang sudah ada, akan tetapi tidak tertata dengan baik. Kami berharap setelah Raperda ini, akan fokus dalam pengelolaan kearsipan,” pungkasnya.(sb-02) 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

25 views

Berita terkini