by

Empat Rumah di Jalan Imam Bonjol Dilalap “Si Jago Merah”

-Uncategorized-0 views

Balikpapan-Sebanyak 4 unit rumah di kawasan Jalan Imam Bonjol depan SMPN 12 Gunung Pasir, RT 25 Kelurahan Klandasan Ulu, Balikpapan Kota, Senin (22/10/2018) subuh dilalap si Jago Merah. Keempat rumah tersebut milik H Asmuni, Marbun, Zainal Abidin serta Darusman.
Menurut Ketua RT 25 Klandasan Ulu, Fadli, kebakaran terjadi sekira pukul 05.00 wita.
“Iya betul terjadi kebakaran sekira pukul 05.00 wita subuh. Kebakaran menghanguskan empat rumah,” kata Fadli, kepada Suara Balikpapan di lokasi kebakaran.
Sementara itu, Lurah Klandasan Ulu, Pratama Imam, mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan Tagana untuk pembangunan tenda bagi korban kebakaran.
“Sambil menunggu pendirian tenda, para korban yang menempati rumah yang terbakar diungsikan dulu ke rumah pak RT 25,” ujar Lurah Pratama Imam.
Sekitar pukul 06.30 wita api sudah berhasil dipadamkan oleh petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Balikpapan dibantu sejumlah mobil pemadam milik perusahan di Kota Minyak.
Saat ini aparat kepolisian sedang melakukan penyelidikan penyebab kebakaran. Meskipun tidak ada korban jiwa, namun jumlah kerugian material diperkirakan mencapai puluhan juta rupiah.
Sebelumnya, BPBD Kota Balikpapan mengimbau masyarakat agar waspada terhadap kebakaran, mengingat intensitas curah hujan mulai menurun.
 “Selain kekeringan, potensi bencana yang bisa terjadi saat musim kemarau adalah kebakaran, terutama kebakaran lahan,” kata Kepala BPBD Suseno.
 Menurutnya, kebakaran lahan berpotensi terjadi saat kemarau karena ranting-ranting pohon mengering dan daun berguguran.
“Maka imbauan kami bagi warga yang khusus beraktivitas di ladang harus tetap jaga lingkungan, perhatikan sisa batang rokok yang masih nyala agar tidak menjadi pemicu kebakaran lahan. Itu harus disadari,” tuturnya.(sb-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 views