by

Fornas Jadi Pemersatu Bangsa

KOMPAK:Para peserta Fornas berfoto bersama

SAMARINDA,suarabalikpapan.com-Meski hanya sekadar olah raga rekreasi, namun Festival Olahraha Rekreasi Masyarakat Nasional (Fornas) V Tahun 2019 di Samarinda, Kaltim ternyata memiliki makna yang sama dengan pelaksanaan Pekan Olah Raga Nasional (PON). Event yang dilaksanakan setiap 2 tahun sekali itu ternyata mampu mempererat tali silaturahmi dan sebagai alat pemersatu bangsa. Seperti di cabor dagongan yang dipertandingkan di GOR Sempaja pagi tadi antara tim dagongan Papua melawan tim Kalimantan Timur.
Rasa persaudaraan di antara kedua daerah tersebut terlihat jelas. Adu otot dan tenaga yang tersaji kedua tim terlihat. Keduanya mengerahkan semua tenaga dan teknis untuk saling mengalahkan. Namun usai pertandingan kedua tim langsung berangkulan dan tidak ada rasa dendam di antara kedua tim yang dalam pertandingan tadi saling mengalahkan. Begitu juga supporter kedua daerah pun menunjukkan sportifitasnya, meski terjadi saling mengalahkan.
Menurut Ketua Formi Kaltim Hj. Encik Widyani dalam event Fornas yang sudah berjalan 5 kali ini, nilai-nilai sportifitas dijunjung oleh semua peserta. Adanya pengertian dari semua peserta bahwa pertandingan ini hanya sebuah olahraga rekreasi, maka nilai-nilai pesaudaraan terpatri di antara semua daerah yang datang dari seluruh Indonesia.
Hal yang sama juga dikemukakan Wakil Sekretaris KONI Kaltim, Hari Murti bahwa Fornas dan PON memiliki makna yang sama, yakni sebagai media pemersatu bangsa. (kmf/sb-02)


banner 728x90

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed