by

Fraksi Gerindra Dukung Raperda Sistem Pajak Online dan Pengendalian Penebangan Pohon

SERIUS:Juru bicara Fraksi Gerindra Rahmatia membacakan tanggapan fraksi tentang raperda sistem pajak online & pengendalian penebangan pohon.

BALIKPAPAN,suarabalikpapan.com-Fraksi Gerindra DPRD Balikpapan menanggapi pendapat Wali Kota Balikpapan mengenai Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Sistem Pajak Online dan Raperda Pengendalian Penebangan Pohon, yang dibacakan juru bicara Fraksi Gerindra, Rahmatia, dalam rapat paripurna di gedung parlemen, pada Kamis (14/11/2019).
Menurut Rahmatia, fraksinya sejalan dengan pemikiran Pemerintah Kota Balikpapan, dalam rangka mengintensifkan penarikan pajak daerah dengan mengembangkan sistem aplikasi berbasis web, sebagai sarana bagi wajib pajak untuk melaporkan pajak daerah.
“Kami menekankan agar harus tetap di waspadai kong-kalikong antara wajib pajak dengan petugas yang telah merasakan nikmatnya kondisi itu bagi kedua belah pihak, terbukti di beberapa daerah dan objek yang berbeda secanggih apapun alat yang dipergunakan masih juga bisa dijinakkan, jika tuannya menginginkan,” kata wakil rakyat Dapil Balikpapan Barat ini.
Ia menjelaskan, mengenai pemasangan e-tex pada cash register wajib pajak, di beberapa kota terjadi penolakan atau ada alatnya yang rusak. Ini adalah masalah komunikasi antara instansi pemungut pajak dan wajib pajak.
“Hal semacam ini secara subtansi harus di akomudasi dalam raperda karena payung hukum adalah landasan legalitas bagi aparat daerah untuk melakukan tindakan yang berpotensi adanya penolakan padahal tindakan itu pada muaranya didedikasikan untuk kemaslahatan dan kemakmuran masyarakat,” ujarnya.
Rahmatia menyarankan, sebaiknya untuk merubah terminologi pajak restoran yang masih di pakai Pemkot dengan istilah pajak rumah makan.
“Yang selanjutnya mengenai Raperda tentang pengendalian penebangan pohon, kami sependapat jika Pemkot menyarankan agar izin penebangan pohon yang diterbitkan hanya untuk satu kali penebangan dengan lokasi dan luas yang ditetapkan di dalam izin tersebut,” pungkasnya.(sb-02).

banner 728x90

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed