KERJASAMA:Dekan FTSP Uniba Ir Rahmat ST MT melakukan penandatanganan MoU dengan Ketua Umum ATAKI Ir Manahara R. Siahaan, di Hotel Jatra

BALIKPAPAN,suarabalikpapan.com-Sebanyak 103 mahasiswa Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP) Universitas Balikpapan (Uniba) mengikuti acara yudisium (prawisuda), di Hotel Jatra Balikpapan, Sabtu (12/10/2019).
“Yudisium merupakan pengukuhan kelulusan mahasiswa untuk meraih gelar sarjana,” kata Dekan FTSP Uniba, Ir Rahmat ST MT, kepada suarabalikpapan.com, di sela-sela acara yudisium.
Rahmat berharap mahasiswa FTSP Uniba yang lulus ini mampu berkontribusi dalam pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) baru khususnya di bidang konstruksi.
“Makanya pada kesempatan kali ini, kami akan melakukan MoU dengan Asosiasi Tenaga Ahli Konstruksi Indonesia (ATAKI) tentang sertifikasi ahli konstruksi sebagai upaya meningkatkan SDM yang unggul menghadapi IKN,” kata Rahmat.
Wakil Rektor I Uniba Dr Casmudi dalam sambutannya mengapresiasi acara yudisium FTSP Uniba yang menggunakan pakaian adat berbagai daerah.
“Saya kira ini bagus bahwa kampus Uniba peduli terhadap persatuan dan kesatuan Indonesia yang saat ini sedang tercabik-cabik,” ujar Casmudi.
Pada kesempatan tersebut Casmudi menegaskan, lulusan Uniba tahun ini cukup istimewa lantaran lembar ijasah dicetak oleh Perum Percertakan Negara Jakarta.
“Jadi perum percetakan negara ini yang mencetak KTP Elektronik (e-KTP), paspor, sertifikat tanah serta berbagai dokumen negara,” kata Casmudi.
Selain itu, kata Casmudi, lembar ijasah tersebut cukup aman lantaran terverifikasi di Badan Intelejen Negara (BIN).
“Jadi sekuriti ijasahnya ada lima sehingga cukup aman. Selain itu,
nama dan nomor ijasah dikeluarkan oleh Dikti,” kata Casmudi.
Sementara itu, Ketua Umum ATAKI Ir Manahara R Siahaan mengatakan, untuk menjadi kontraktor lulusan FTSP harus mengikuti program
Sibima Konstruksi (Sistem Informasi Belajar Intensif Mandiri Bidang Konstruksi)
Manahara menuturkan, Program Sibima ini merupakan pemerintah yang dicanangkan Presiden Jokowi untuk percepatan pembangunan infrastruktur.
“Jadi harapan pak Presiden setiap tenaga kerja konstruksi harus bersertifikat,” kata Manahara.
Acara yudisium juga dihadiri
Ketua Alumni FTSP Uniba Karl Sukma Jaya serta para dosen. Selain itu, ada juga hiburan tarian hingga pemberian penghargaan kepada lulusan terbaik yang akan diwisuda di Balikpapan Sport & Convention Center (BSCC) Dome, Selasa 22 Oktober 2019. (sb-02).