by

HPN Gelar Muskernas di Bali, Bahas Dampak Pandemi Terhadap Usaha Offline

-Ekonomi-195 views

TANAH PASER,suarabalikpapan.com- Himpunan Pengusaha Nahdliyin (HPN) menggelar Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) Business Forum bertema “Go Digital” di Renaissance Resort Uluwatu,  Bali, Jumat (26/3/2021).

Muskernas  yang berlangsung  26 sampai 28 Maret tersebut dibuka oleh Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin dan  diikuti ratusan anggota HPN .

Ketua Pengurus Cabang (PC) HPN Paser Riyanto yang ikut dalam acara tersebut mengatakan, Go Digitalnya HPN, diharapkan sekat-sekat antara perusahaan kecil dan besar menjadi tereliminasi, perusahaan kecil dapat memiliki kemudahan dalam akses pasar serta kemitraan antara usaha kecil dengan usaha besar.

“Menurut kami lebih dimungkinkan dengan adanya teknologi digital. Apalagi  dimasa pandemi yang mana usaha-usaha offline sangat terganggu perkembangannya,” katanya.

Ia mengaku  bersyukur dengan adanya Mukernas tersebut karena  para pengusaha offline, dapat kembali bergairah dengan banyaknya informasi-informasi dan peluang bisnis digital yang disampaikan para narasumber.

“Yang tidak diragukan lagi kemampuannya dalam bisnis ini seperti APJATIL, APJII, desktopIP, AZET, dan Huawei,” pungkasnya.

Wapres KH Ma’ruf Amin dalam sambutannya, mengatakan, HPN merupakan wadah berhimpun pengusaha ultramikro, sehingga pengusaha besar harus dapat memanfaatkan inklusivitas teknologi digital dalam mendorong kemitraan antara usaha kecil dan besar agar keduanya mampu tumbuh bersama yang berupaya untuk memasifkan pemanfaatan inovasi teknologi digital dalam aktivitas ekonomi (digitalisasi ekonomi) anggotanya di kalangan NU, seperti technology financial (fintech) yang  telah memberikan beragam kemudahan layanan keuangan dalam satu sentuhan jari. “Pemanfaatan fintech juga terbukti dapat mendorong pertumbuhan usaha mikro dan kecil (UMK) sebagai mayoritas unit usaha di Indonesia,” ujar  Ma’ruf, Amin.

Sementara itu,  Ketua Umum Pengurus Pusat (PP HPN), Ir H Abdul Kholik MM, mengatakan, Muskernas ini sengaja diadakan di pulau Bali sebagai bentuk dukungan dan tanggung jawab para pengusaha Nahdliyin terhadap, pertumbuhan ekonomi negara dari sektor pariwisata seperti di Bali  yang melambat pertumbuhannya imbas dari Global Pandemi Covid-19, yang sedang melanda.

“Saya berharap HPN di seluruh indonesia dapat menggairahkan kembali ekonomi masyarakat yang bergantung pada pelancong atau wisatawan yang berkunjung membelanjakan uangnya di Bali ini,” pungkasnya.(sb-06)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

195 views

Berita terkini