by

Iuran BPJS Kesehatan Naik, Pemkot Evaluasi Data Peserta Kelas III

Rizal Effendi

BALIKPAPAN,suarabalikpapan.com-Rencana pemerintah akan menaikan iuran BPJS Kesehatan 100 persen per 1 Januari 2020. Membuat pemerintah Kota Balikpapan harus mengalokasikan dana tambahan bagi penerima bantuan iuran (PBI). Terutama peserta PBI mandiri kelas III yang iurannya dibayar oleh pemerintah.
Menurut Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi, pemerintah kota tidak mengalokasikan anggaran kenaikan iuran BPJS Kesehatan lantaran APBD murni 2020 telah disahkan.
Untuk itu, pemerintah kota akan melakukan kajian apakah bisa dianggarkan, mengingat belum maksimalnya pemanfaatan dana PBI dari pemerintah provinsi. Lantaran tenaga yang melakukan pendataan di kelurahan sangat minim.
“Ini yang mau kami efektifkan dengan memanfaatkan kader posyandu dan karang taruna untuk mendata masyarakat yang belum mendapatkan bantuan PBI,” kata Rizal Effendi.
Ia mengaku, akan memaksimalkan pendataan untuk meningkatkan pemanfaatan dana PBI. Dengan upaya pencarian di setiap kelurahan, agar yang menerima benar-benar membutuhkan.
“Tapi memang PBI kota maupun provinsi masih belum maksimal. Masih terbuka kesempatan untuk menjadi peserta itu. Karena PBI kota maupun provinsi adalah limpahan dari PBI nasional,” terangnya.
Dari angka nasional, menurutnya, PBI Balikpapan mencapai angka 18 ribu. Sementara itu, masih ada yang tidak masuk, yaitu mencapai 5 ribu. Menurutnya, masyarakat yang tidak masuk di data PBI pusat itu akan dimaksimalkan.
“PBI provinsi masih ada, PBI kota masih ada. Jangka pendek, itu yang harus kita lakukan dulu. Karena PBI tetap harus diverifikasi dengan baik. Kira-kira itu memerlukan dana sekitar Rp 70 miliar,” akunya.
Anggaran ini menurutnya cukup untuk menutupi bantuan untuk Kelas III. Namun apabila semua kelas III harus dikaver oleh pemerintah, ditakutkan banyak masyarakat yang turun kelas.
“Nanti semua malah turun ke kelas III. Padahal BPJS adalah program gotong royong. Tidak bisa. Makanya dalam waktu dekat akan kami bahas bagaimana mengefektifkan potensi PBI,” pungkasnya.(sb-01).

banner 728x90

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed