by

Kaltim Butuh BLK Pariwisata, Tauhid:Siapkan Stok SDM Sektor Pariwisata

-Uncategorized-0 views

Balikpapan-Sektor pariwisata di Kaltim perlu dikelola secara maksimal oleh SDM yang mumpuni. Salah satunya bisa dibina lewat balai latihan kerja (BLK) di sektor pariwisata. Demikian diungkapkan Ketua Astindo Kaltim, Akhmad Tauhid, di sela-sela uji kompetensi pariwisata di Hotel Grand Tiga Mustika, Minggu (16/9/2018).
“Saya kira sudah saatnya Kaltim memiliki BLK sektor pariwisata untuk membina tenaga-tenaga pengelola wisata,” ujar Tauhid sapaan akrabnya.
Menurutnya, BLK ini harus dibangun oleh pemerintah daerah. Tapi untuk SDM yang memberikan pelatihan bisa dibantu oleh Astindo.
“Kami punya Astindo Training Center. Jadi banyak pakar-pakar pariwisata di sana yang bisa membantu memberikan pelatihan,” ujar Tauhid.
Diakui Tauhid BLK pariwisata sangat membantu melahirkan pada pengembangan industri pariwisata.
“Sangat membantu. Soalnya kalau kualitas SDM-nya rendah maka kita akan ketinggalan dengan daerah lain,” tandasnya.
Dengan adanya BLK ini terang Tauhid akan membantu travel agent atau biro perjalanan.
“Jadi sewaktu-waktu biro perjalanan butuh tenaganya ya tinggal datang ke BLK. Misalnya butuh survei program, tenaga tur atau personal training tinggal telepon BLK. Jadi stok SDM selalu ada,” katanya.
Ia berharap informasi-informasi terbaru tentang pariwisata selalu diupdate oleh BLK pariwisata. Apalagi sekarang sistemnya serba IT.
“Jadi saya kira BLK pariwisata ini sangat penting untuk menginformasikan kepada agen travel mengenai perkembangan terbaru di dunia pariwisata khususnya di era digital ini sehingga agen travel tidak kesulitan SDM pariwisata,” pungkasnya. (sb-01)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 views