by

Kejati Kaltim Gelar Pemilihan Duta Pelajar Sadar Hukum di PPU

PENAJAM,suarabalikpapan.com – Untuk meningkatkan pemahaman sekaligus kesadaran hukum sejak dini, Kejaksaan Tinggi (Kejati) Kalimantan Timur menggelar Pemilihan Duta Pelajar Sadar Hukum tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) Sederajat. Kegiatan penjaringan duta pelajar sadar hukum tersebut, dilaksanakan di seluruh wilayah Kabupaten/Kota di Kaltim. Sementara Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), menjadi daerah ketujuh dari 10 daerah di Kaltim.
Koordinator Tindak Pidana Khusus Kejati Kaltim, Hendriyadi Wasono Putro, mengatakan, pemilihan duta pelajar sadar hukum merupakan salah satu program Pemprov Kaltim, khususnya generasi muda. Juri pemilihan terdiri dari unsur Kejaksaan Tinggi, Kejaksaan Negeri Kaltim dan Kejari PPU. Pelaksanaan kegiatan sendiri menerapkan protokol Covid-19.
“Tujuanya adalah memberikan pemahaman dan pengetahuan tentang hukum, khususnya generasi milenial. Ini adalah bentuk konsentrasi pemerintah ke generasi milenial untuk bisa menempati posisi posisi strategis di level nasional maupun internasional,” terang Hendri, di kantor Kejari PPU, Rabu (12/08/2020).
Sejumlah kriteria penilaian ditetapkan dalam proses pemilihan yang dilaksanakan sehari itu. Selain karya ilmiah, siswa peserta juga akan dinilai dari sikap dan visi. Materi yang dinilai juri meliputi 40 persen karya ilmiah dan 60 persen hasil presentasi.
Nantinya, dijaring 3 peserta terbaik dari masing masing daerah untuk dibawa ke provinsi. Hasil dari peserta yang beradu di tingkat provinsi akan diambil tiga orang untuk kemudian bertarung di level nasional. Untuk 3 peserta yang terpilih, masing masing akan mendapatkan hadiah sebesar Rp4,5 juta untuk juara 1, juara 2 mendapat Rp3,5 juta dan Rp2,5 juta untuk juara ketiga.
“Dari proses ini akan kita ambil juara satu sampi tiga dari setiap daerah. Hadiah itu hanya penyemangat bagi siswa peserta yang telah memberikan hasil karya mereka,” tandas Hendri.
Pemenang di tingkat kabupaten akan dibawa untuk mengikuti pemilihan duta pelajar pada bulan Oktober. Sedangkan, juara ditingkat provinsi mendapat beasiswa penuh untuk melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi dengan syarat mengambil jurusan hukum. (sb-07) 

banner 728x90

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed