by

Kenalkan Aplikasi Sidalih dan Penyusunan DPHP, KPU Paser Gelar Bimtek bagi PPK

TANA PASER,suarabalikpapan.com-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Paser melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) bagi petugas Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), di Kantor KPU Paser, Kamis (30/07/2020).
“Bimtek kali ini terkait penyusunan Daftar Pemilih Hasil Pemuktahiran (DPHP) dan pengenalan aplikasi Sistem Data Pemilih (Sidalih) dalam pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Paser Tahun 2020,” kata Ketua KPU Kabupaten Paser, Abdul Qayyim Rasyid, di ruang kerjanya, Kamis (30/07/2020)
Abdul Qayyim mengungkapkan, untuk data hasil pencocokan dan penelitian (coklit) akan disusun oleh Panitia Pemungutan Suara (PPS) kemudian dilakukan rapat pleno penetapan Daftar Pemilih Sementara (DPS) lalu diumumkan kepada masyarakat guna diberikan kesempatan memberikan tanggapan terhadap DPS tersebut.

“Nanti DPS kita umumkan di kelurahan dan desa-desa di Kabupaten Paser untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat menanggapi. Apabila ada kesalahan bisa dilaporkan ke PPS. Bagi calon pemilih yang telah terdaftar sebagai anggota TNI-Polri agar segera melapor ke PPS sebab anggota TNI-Polri tidak boleh memilih,” pungkas Abdul Qayyim.
Sekadar diketahui, Pilkada 2020 akan digelar di 270 wilayah Indonesia, meliputi 9 provinsi, 224 kabupaten dan 37 kota, termasuk Kota Balikpapan. Semula, hari pemungutan suara Pilkada akan digelar pada 23 September. Namun, akibat wabah Covid-19, hari pencoblosan diundur hingga 9 Desember 2020.(sb-06) 

banner 728x90

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed