by

Komisi III DPRD Paser Monitoring Perkembangan Tanaman Lengkeng di Desa Klempang Sari

TANA PASER,suarabalikpapan.com-Komisi III DPRD Kabupaten Paser melakukan monitoring terhadap perkembangan tanaman lengkeng di Desa Klempang Sari, Kecamatan Kuaro, pada Kamis (4/2/2021).

Desa Klempang Sari, Kecamatan Kuaro merupakan wilayah Pengembangan Kawasan Pedesaan Berbasis Masyarakat (PKPBM) yang sudah pernah menerima bantuan bibit lengkeng dari Distanbun Kaltim sebanyak 750 bibit pada tahun 2015 lalu.

Monitoring dihadiri  Wakil Ketua Komisi III DPRD Paser Basri Mansur didampingi anggota Budi Santoso, Fathur Rahman dan Ahmad Rafi’i.

Wakil Ketua Komisi III Basri Mansur mengatakan, pihaknya sangat senang melihat progress tanaman lengkeng ini, sehingga ada potensi yang sangat baik dan bagus jika di Desa Klempang Sari ini nantinya dapat membuat atau menyiapkan sebuah lahan perkebunan tanaman lengkeng secara terstruktur.

“Kedatangan kami kemari untuk memonitoring bantuan bibit pada tahun 2015 yang lalu sudah sampai mana perkembangannya ternyata sangat luar biasa sekali perkembangan dan progresnya dan sangat berpotensi yang sangat baik dan bagus jika di Desa Klempang Sari ini nantinya dapat membuat atau menyiapkan sebuah lahan perkebunan tanaman lengkeng ini secara terstruktur, karena untuk sementara ini tanaman lengkeng yang merupakan bantuan dari Provinsi Kaltim ini ditanam di halaman rumah warga yang cukup luas,” ucap Basri.

Dikesempatan yang sama Anggota Komisi III Budi Santoso mengatakan, progresnya  sangat luar biasa dan salah satu langkah awal Desa Kelampang Sari bisa menjadi lahan perkebunan tanaman lengkeng ini secara terstruktur.

“Jika nanti perkebunan tanaman lengkeng ini jadi dan berhasil, maka hasil dari panen buah lengkeng ini nantinya dapat dikelola mungkin melalui Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) atau sejenisnya untuk hal pemasaran  buah lengkeng sehingga kedepan hasil dari penjualan buah lengkeng ini dapat menjadi salah satu penyumbang Pendapatan Asli Desa (PAD),” harapnya.

Untuk diketahui  tanaman lengkeng ini merupakan bantuan dari Distanbun Kaltim berbentuk bibit setelah keluar SK Bupati Paser Tahun 2014 tentang Pengembangan Kawasan Pedesaan Berbasis Masyarakat (PKPBM) pada Kecamatan Kuaro meliputi Desa Klempang Sari dan Desa Lolo.(sb-06)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

396 views

Berita terkini