KOORDINASI:Pangdam Subiyanto saat meninjau kesiapan pembangunan Makorem di Kaltara

TANJUNG SELOR,suarabalikpapan.com-Kodam VI/Mlw akan membangun Makorem baru di wilayah Kalimantan Utara (Kaltara). Untuk itu, Pangdam VI/Mlw Mayjen TNI Subiyanto, meninjau langsung lokasi yang akan dibangun Makorem di areal tenis indoor dan gedung Eks Dinas Pertambangan Tanjung Selor Hulu, Kecamatan Tanjung Selor, Kabupaten Bulungan, pada Kamis (19/9/2019).
Dalam pengarahannya Pangdam Subiyanto menjelaskan maksud dan tujuan rencana pembangunan Makorem tersebut sesuai keputusan Presiden RI. Makorem ini akan ditempati 300 personel Kodam VI/Mlw.
Pembangunan Makorem tiga lantai ini dimulai 2020, pada lahan seluas 2,7 hektar dengan luas bangunan 2.100 M2. Sesuai dengan besaran program kerja dan anggaran dari Mabes TNI, maka pembangunan akan dilakukan bertahap, termasuk perumahan anggota.
Disamping itu, Makorem akan diberi nama Korem 092/Maharajalilla, sesuai nama raja di Tanjung Selor.
“Nama Korem 092/Maharajalilla sedang dalam proses pengajuan kepada Komando Atas,” kata Mayjen TNI Subiyanto.
Hal senada diungkapkan Kapendam VI/Mlw Kolonel Kav Dino Martino, ia menuturkan berdasarkan hasil peninjauan di lapangan dan berbagai pertimbangan kondisi lokasi gedung yang memiliki cukup ruang dapat dijadikan ruang staf, kamar mandi yang layak, lahan parkir yang luas.
“Bapak Pangdam telah memutuskan bahwa Gedung Tenis Indoor Pemkab Bulungan menjadi pilihan utama untuk markas Korem Kaltara. Kemudian dengan pertimbangan bahwa wilayah Kaltara ada di beranda depan Negara dan berbatasan langsung dengan negara tetangga. Korem Kaltara akan dipimpin oleh jenderal bintang satu guna memperkuat wilayah teritorial dan pertahanan Negara khususnya wilayah teritorial Kodam VI/Mlw,” kata Kolonel Kav Dino Martino.(sb-02)