by

KPU Balikpapan Perkenalkan Aplikasi Sidalih 4.0

BALIKPAPAN,suarabalikpapan.com-KPU Balikpapan melakukan bimbingan teknis (Bimtek) bagi Petugas Pemuktahiran Data Pemilih (PPDP) sekaligus pengenalan aplikasi Sidalih 4.0 selama 2 hari untuk Pilkada 2020, di Ballroom Hotel Tjokro, Jalan Marsma Iswahyudi, Rabu (22/07/2020).
Ketua KPU Kota Balikpapan Noor Thoha mengatakan, kegiatan ini sebagai tindak lanjut pencocokan dan penelitian (Coklit) Petugas Pemuktahiran Data Pemilih (PPDP).
“PPDP yang melakukan coklit data faktual ke rumah pemilih hasilnya akan diinput di tingkat Panitia Pemungutan Suara (PPS),” ujarnya
Kemudian dalam proses input, PPS akan memasukkan data mana saja yang sudah benar, intinya ketika ada perubahan dan data baru. Data yang diinput akan masuk dalam satu aplikasi, yakni aplikasi Sidalih.
“Sidalih 4.0 nanti mampu mengolah seluruh data dari hasil Coklit di lapangan. Sidalih versi terbaru ini diharapkan mengantisipasi data ganda dan hasilnya valid,” akunya.
KPU Balikpapan tidak hanya menggelar bimtek pengenalan aplikasi Sidalih 4.0, tetapi juga melakukan evaluasi kerja PPDP.
“Kita di tanyakan ke PPDP, sudah sejauh mana progresnya terkait coklit di lapangan. Selain itu, kita juga tanya PPK dan PPS satu per satu se-Kota Balikpapan nanti dalam rapat pleno selanjutnya,” tutupnya.(sb-02)

banner 728x90

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed