by

KPU Balikpapan Siap Sosialisasikan Soal Calon Tunggal

BALIKPAPAN,suarabalikpapan.com-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Balikpapan menggelar Rapat Kordinasi (Rakor) Evaluasi, Pelaksanaan Tahapan Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Balikpapan 2020, bersama Bawaslu, dan TNI-Polri, di aula kantor KPU Balikpapan, Senin (27/07/2020).
Ketua KPU Balikpapan Noor Thoha mengatakan, rakor tersebut membahas partisipasi pemilih Pilkada yang harus mencapai target, penyelanggaraan Pilkada harus aman dan damai serta administrasi KPU tidak memiliki kendala.
“KPU selalu berkomunikasi dengan baik bersama Bawaslu dan TNI-Polri untuk membangun sinergitas, lebih spesifik besama Bawaslu terkait pengawasan di tingkat bawah, khususnya saat KPU melakukan pemuktahiran data pemilih Bawaslu melakukan pengawasan,” katanya.
“Soalnya ada Bawaslu yang langsung meminta data kepada PPDP. Sedangkan PPDP sedang kerja tiba-tiba dimintai data melalui whatsApp, maka kami komunikasikan sebab Bawaslu ada instrumen tentang pelaporan,” kata Thoha.
Thoha menegaskan, pelaporan itu, bisa diakses petugas PPDP apabila laporan formulir A.A.3 bisa diakses, difoto, di ketik, lalu dikirim, tidak harus mengisi apa yang diisi pengawas.
Mengenai isu terkini itu, kemungkinan calon tunggal nanti akan dibahas oleh KPU, karena banyak teman-teman penyelenggara Pilkada tidak mengetahui.
“Fenomena kotak kosong itu, adalah calon tunggal, cuma memiliki satu surat suara, kolom satu ada gambarnya, kolom satunya lagi tidak ada gambarnya. Jadi kami memiliki akses rahasia, kotaknya tetap satu, tapi dalam surat suara itu ada dua gambar satu gambar calon dengan wajahnya dan satu lagi ada gambar tidak memiliki wajah. Persepsi-persepsi inilah lagi dibicarakan, supaya penyelenggara dapat menjelaskan kepada masyarakat, tentang dinamika politik yang berada di luar,” pungkas Thoha.(sb-02)  

banner 728x90

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed