DEMI NKRI:Pangdam Subiyanto berfoto bersama di pos perbatasan RI-Malaysia di Kabupaten Nunukan

NUNUKAN,suarabalikpapan.com-Pangdam VI/Mlw Mayjen TNI Subiyanto didampingi para Asisten Kasdam VI/Mlw, Kabalak beserta rombongan Forkopimda Nunukan meninjau proses rehabilitasi sejumlah pos-pos perbatasan yang dijaga prajurit Satgas Pamtas RI Yonif R 600/Mdg di Kab Nunukan, Kalimantan Utara, Jumat (21/9/2019).
Pos Pamtas yang dikunjungi Pangdam dan rombongan diantaranya pos Aji Kuning, pos Bukit Keramat serta pos Kotis Satgas. Pada kesempatan tersebut Pangdam Subiyanto memberikan motivasi kepada para prajurit TNI yang bertugas.
Dalam pengarahannya Pangdam Subiyanto berpesan, agar seluruh prajurit TNI yang bertugas melaksanakan tugas operasi dengan penuh tanggung jawab karena keberadaan Pamtas memiliki fungsi yang vital dan krusial.
“Pos perbatasan Negara merupakan bagian dari wibawa Negara. Oleh karena itu, tegakkan wibawa negara, ciptakan suasana yang baik, selalu menjadi pengayom masyarakat, serta selalu memberikan pemahaman tentang batas negara kepada masyarakat setempat,” kata Mayjen TNI Subiyanto.
Sementara itu, Kapendam VI/Mlw Kolonel Kav Dino Martino menuturkan, kunjungan Pangdam ke pos Pamtas yang merupakan pintu keluar masuk perlintasan barang maupun orang dari RI dan Malaysia sekaligus mengecek dukungan kapal long boat dari Pangdam VI/Mlw. Kapal Longboat tersebut digunakan untuk mendukung proses pendorongan logistik maupun sarpas personel.
“Sesuai perencanaan ke depan untuk pos Pamtas Sungai Kaca akan diberikan dukungan untuk menjamin ketersediaan air bersih, karena saat ini sedang diajukan alat yang dapat berfungsi mengolah air laut menjadi air tawar ke Komando Atas,” jelas Dino Martino.
Saat ini patok perbatasan yang diawasi prajurit Satgas Pamtas RI Yonif R 600/Mdg sebanyak keseluruhan 6.719 buah.(sb-02).