by

Kunker ke DPRD Kendal, Belajar Aplikasi Online E-PBB dan E-BPHTB untuk Peningkatan PAD

STUDI BANDING:Rombongan DPRD Balikpapan saat berkunjung ke DPRD Kendal, Jawa Tengah

KENDAL,suarabalikpapan.com-Rombongan DPRD Balikpapan yang dipimpin Wakil Ketua DPRD Sabaruddin Panrecalle melakukan kunjungan kerja ke DPRD Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, pada Jumat (29/11/2019). Kunker terkait studi peningkatan pelayanan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB-P2) dan Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB).
Sabaruddin menjelaskan, Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Kendal pada tahun 2019 ditargetkan Rp412 miliar dari total APBD Rp2,3 triliun. Setiap tahun PAD-nya terus mengalami peningkatan. Bahkan Kabupaten Kendal yang terbaik dalam pengelolaan PBB-P2 dan PPHTB.
Menurut Sabaruddin, sistem yang digunakan Kendal cukup bagus memudahkan pelayananan kepada masyarakat. Ini perlu diberi apresiasi. Bahkan kedepan Balikpapan sebagai penyangga Ibu Kota Negara (IKN) membutuhkan aplikasi guna mendukung peningkatan PAD.
“Tetapi semuanya tergantung OPD terkait di Pemkot Balikpapan apakah mau menggunakan aplikasi tersebut atau tidak,” kata politisi partai Gerindra ini.
Sementara itu, Kabid Penagihan Pendapatan, Badan Keuangan Daerah (Bakauda) Kabupaten Kendal, Andy Nur Narendra mengatakan, pihaknya telah memiliki program aplikasi online e-PBB dan e-BPHTB untuk memudahkan pembayaran dan pengecekan pembayaran pajak tersebut.
“Sampai saat ini kami terus mensosilisasikan kepada warga, mengenai pengelolaan PBB P-2 dan BPHTB guna meningkatkan pelayanan terhadap wajib pajak lewat program e-PBB dan e-BPHTB,” kata Nurenda.(sb-03).

banner 728x90

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed