by

Lemahnya Pengawasan Perizinan, Sebabkan Pendapatan Daerah Menurun

BALIKPAPAN,suarabalikpapan.com-Ketua Komisi II DPRD Balikpapan H Haris menilai masih seringnya terjadi kebocoran pembayaran retribusi daerah di Balikpapan akibat lemahnya pengawasan dari instansi terkait. Ia mencontohkan dugaan pengupasan lahan di kawasan Jalan Beler, Kelurahan Sumber Rejo, Balikpapan Tengah.

“Kalau  (BPPDRD) Badan Pengelola Pajak Daerah dan Retribusi Daerah hanya penerima pajak daerah, sedangkan DLH (Dinas Lingkungan Hidup) dalam hal ini seharusnya mengetahui sudah berapa kubik tanah yang dilakukan pengupasan dari izinnya yang 500 kubik itu, DLH wajib mengetahui hal tersebut karena menyangkut pendapatan pajak daerah yang wajib dia bayar. Ini kan aneh, 500 kubik dikerjakan 10 bulan dan bayar pajak daerah cuma Rp 2,5 juta,” Kata H Haris kepada media ini, di ruang kerjanya, Selasa (9/2/2021).

“Pada saat itu saya juga diundang oleh Komisi III, untuk hadir sidak di lapangan ternyata yang pertama izin yang dikeluarkan oleh DLH adalah bukan lokasi yang dia kerjakan, terus bagaimana tindakan DLH yang sudah dilakukan pengupasan di luar dari tempat izin tersebut. DLH dan Pemerintah harus tegas dalam hal ini, cek ke lapangan setiap berapa hari sekali, dan kemudian hitung sudah berapa kubik tanah yang sudah dilakukan pengupasan,” kata politisi PDI Perjuangan ini.

“Cek berapa tinggi gunung, berapa lebarnya, total luasnya berapa, dari dasar itulah keluarkan lagi revisi berapa kewajiban yang harus dia (pemilik lahan)  wajib bayar, kalau dia tidak melaksanakan sesuai dengan apa yang di lakukan, maka itu merugikan daerah. Yang jelas, dia bayar Rp 2,5 juta sebagai pajak daerah kepada Pemkot Balikpapan itu tidak sesuai, Dispenda (BPPDRD)  tidak salah ternyata bagian dari DLH, Camat, lurah semua lemah dalam melakukan fungsi pengawasannya,” katanya.

“Ternyata galian C yang setiap tahunya pendapatannya berkurang, ini akibat banyak orang yang mengerjakan tidak pakai surat sehingga pendapatan itu berkurang, yang kedua fungsi pengawasannya tidak berjalan dengan baik,” pungkasnya.(sb-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

46 views

Berita terkini