by

Muhaimin : Saya Ingin Guru Honorer Sejahtera

Muhaimin

BALIKPAPAN,suarabalikpapan.com–Kesejahteraan guru honorer di Balikpapan diharapkan mengalami peningkatan pada tahun mendatang dengan adanya kepastian status menjadi pegawai negeri sipil (PNS).
“Sebenarnya banyak guru honorer yang ingin statusnya menjadi guru PNS,” kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Balikpapan, Muhaimin.
Diakui Muhaimin, memang terdapat program Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) yang dapat mendukung para guru honorer mendapatkan status yang lebih baik. Namun, ia berharap para guru honorer ini tidak harus mengikuti syarat penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tetapi langsung diangkat menjadi PPPK.
“Saya ingin para guru honorer ini mendapat kesejahteraan yang lebih baik,” katanya.
Muhaimin berharap para guru tetap ikhlas mengabdi dalam menjalankan tugasnya, meskipun terdapat beberapa hal yang belum bisa dipenuhi seperti tidak dibukanya program PPPK di tahun 2019, para guru harus tetap komitmen dalam mengajar untuk mencerdaskan para siswa.
“Profesi guru itu mulia sekali ya, karena tugas pendidik yang pertama sebenarnya bukan hanya di sekolah saja, tapi di keluarga juga, karena keluarga dan orang tua ini mendeklarasikan pendidikan mental kepada sekolah, dalam hal ini tugas guru itu sangat berat,” jelasnya.
Apalagi saat ini dengan perkembangan teknologi dan kemudahan memperoleh informasi juga perlu disesuaikan dengan pendidikan.
“Jadi guru itu perlu juga mengupdate dirinya, artinya bagaimana supaya dalam proses belajar mengajar itu, tidak satu arah, diberi keleluasaan untuk menyampaikan pendapat untuk berinovasi,” terangnya
Menurutnya perkembangan para pengajar di zaman millenial ini, sebagai fasilitator generasi millenial yang lebih cepat mengetahui informasi.
“Guru juga sebagai fasilitator anak-anak kita, karena anak-anak kita sekarang hidupnya di zaman millennial, mungkin kalau soal data informasi mereka bisa lebih cepat dari guru,” katanya. (sb-01).

banner 728x90

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed