by

Musrenbang Kecamatan Sandaran, Sembilan Desa Sampaikan Usulan Prioritas

SANGATTA,suarabalikpapan.com-Bupati Kutai Timur (Kutim) H Ismunandar didampingi, Asisten I Suko Buono, Kepala Bappeda Kutim Edward Azran, perwakilan DPRD Kutim, Camat Sandaran Tahir Pekang dan Perwakilan Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) melaksanakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) di Kecamatan Sandaran, Senin (10/2/2020).
Sebelum membuka Musrenbang Bupati Kutim, H Ismunandar lantik beberapa Kepala Desa di Kecamatan Sandaran, diantaranya Kepala Desa Manubar Dalam, Tanjung Mangkaliat, Susuk Tengah, Pj Kepala Desa Susuk Dalam, Kepala Desa Marukangan dan Manubar.
Kegiatan ini merupakan momen yang sangat penting, karena mulai tahun ini usulan dari bupati, DPR dan siapapun harus melalui Musrenbang.
Pada kesempatannya Ismunandar meminta kepada kepala desa jika terdapat usulan dari DPRD untuk dapat bekerjasama kita ketahui ada beberapa usulan DPRD melalui mekanisme yang kepala desanya tidak menyetujui, untuk itu diharapkan terjadi kerjasama yang baik karena bagaimanapun usulan yang di sampaikan oleh DPRD untuk kepentingan masyarakat.

Bupati Ismunandar menyapa siswa SMA di Kecamatan Sandaran

Banyak usulan yang disampaikan oleh kepala desa, dan semuanya adalah infrastruktur, perlu saya sampaikan bahwa Kabupaten Kutim ini lebih luas dari Provinsi Jawa Barat, artinya yang kita urus ini sangatlah luas. Oleh karena itu diperlukan tahapan-tahapan untuk memenuhi pembangunan infrastruktur di semua kecamatan yang ada di Kutim.
Sebelumnya Camat Sandaran Taher Pekang mengatakan bahwa Kecamatan Sandaran kurang lebih 20 tahun setelah pemekaran belum ada menikmati infrastruktur khususnya jalan, di harapkan di tahun 2021 nantinya dapat menikmati jalan yang mulus, seperti kecamatan lainnya yang ada di Sangatta.
Terimakasih kepada Bupati bahwa untuk tahun ini akan di bangun tower Telkomsel di Kecamatan Sandaran dan Alhamdulillah pula untuk tahun ini juga direncanakan akan di bangun gedung Puskesmas.
Pengembangan produk unggulan untuk Kecamatan Sandaran di tahun 2021 diantaranya adalah pengembangan perkebunan jagung dan kakao serta sektor perikanan.
Beberapa usulan kegiatan di Kecamatan Sandaran dari beberapa desa yang terdiri Des Manubar , Manubar Dalam , Tadoan, Marukang, Susuk Luar, Susuk Tengah, Susuk Dalam, Sandaran, Tanjung Mangkaliat, usulan tersebut diantaranya semenisasi jalan, pembangunan jembatan pelabuhan rakyat, pembangunan kantor desa, pencentakan sawah baru, peningkatan jalan produksi, pembangunan gedung sekolah, listrik desa, ambulan desa, jaringan air bersih, penurapan pantai, pembanguan pasar desa, rumah ibadah (masjid), gedung puskesmas dan beberapa usulan lainnya.(rls/sb-02)

banner 728x90

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed