by

Nyaman Dihuni, Pemkot Tetapkan Balikpapan Timur Daerah Pusat Pertumbuhan Baru

BALIKPAPAN,suarabalikpapan.com-Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan (Bappedalitbang) Kota Balikpapan, Agus Budi Prasetyo, menegaskan, Pemerintah Kota Balikpapan telah menetapkan wilayah Balikpapan Timur (Baltim) sebagai daerah pusat pertumbuhan baru di Balikpapan.

Saat ini, Baltim telah menjadi primadona bagi masyarakat untuk ditempati karena dianggap daerah paling nyaman dihuni.

“Iya betul wilayah Baltim memang sangat potensial dan telah ditetapkan oleh Pak Wali Kota sebagai pusat pengembangan baru di Balikpapan,” ujar Agus, kepada awak media.

Sebagai daerah pusat pengembangan baru kata Agus, Baltim telah dibangun oleh pemerintah kota berbagai fasilitas pendukung seperti Waduk Teritip untuk kebutuhan air bersih, pembangunan permukiman baru, menata fasilitas obyek wisata, perbaikan infrastruktur serta berbagai fasilitas pendukung lainya.

“Di wilayah Baltim memang sangat potensial. Di sana ada TPA Manggar sebagai TPA terbaik di Indonesia, ada stadion Batakan, ada Waduk Teritip, Embarkasi Haji, perumahan Jokowi, jalan tol, perusahan-perusahaan nasional dan multinasional, serta terdapat berbagai tempat wisata menarik. Jadi memang Baltim ini menjadi perhatian khusus dari pemerintah untuk dikembangkan,” ujar Agus.

Agus menambahkan, penetapan Baltim sebagai pusat pengembangan baru salah satunya sebagai daerah penyanggah Ibu Kota Negara (IKN) di Penajam Paser Utara (PPU) dan Kutai Kartanegara (Kukar).

Sebelumnya Doddy warga Lamaru mengatakan, wilayah Baltim mulai jadi primadona masyarakat untuk dijadikan tempat permukiman. Saat ini, wilayah Baltim telah banyak permukiman-permukiman baru yang dibangun oleh pengembang diantaranya Perumahan Jokowi, Perumahan Polda hingga Perumahan Pemkot Balikpapan.

Menurutnya mulai banyak warga yang mencari tempat tinggal di Baltim sebab suasananya tidak terlalu ramai.

“Banyak yang tinggal di Baltim sebab masih suasana kampung sehingga nyaman dihuni,” kata Doddy.

Selain itu, wilayah Baltim banyak obyek wisata menarik seperti Pantai Manggar, Pantai Lamaru, Makam Jepang hingga penangkaran buaya Teritip.

Untuk itu, ia berharap infrastruktur di wilayah Baltim diperbaiki oleh pemerintah seperti jalan-jalan permukiman, drainase hingga penerangan jalan umum (PJU).  

“Jalan-jalan perlu disemenisasi mas kasihan masyarakat yang tinggal di perumahan jalanya masih banyak yang rusak. Seperti di Perumahan Jokowi,” pungkas Doddy.(sb-02)

Beberapa Fasilitas Publik Unggulan di Baltim:

  • TPA Manggar
  • Stadion Batakan
  • Waduk Teritip
  • Embarkasi Haji
  • Jalan Tol Balikpapan-Samarinda
  • Perumahan Jokowi
  • Pantai Manggar

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 views

Berita terkini