by

Operasi Zebra Mahakam, Sasar Kendaraan Roda Dua, Tidak Laik Jalan dan Melebihi Kapasitas

-Uncategorized-10 views

Balikpapan- Kapolda Kaltim Irjen Pol Priyo Widyanto resmi membuka Operasi Zebra Mahakam 2018, pada Selasa (30/10/2018) pagi. Ada yang berbeda dengan pembukaan operasi zebra kali ini, di mana jenderal bintang dua tersebut membuka operasi tersebut di SMK Negeri I Balikpapan.
“Memang biasanya gelar pasukan kan secara formal digelar di markas markas untuk kali ini kita menyentuh kepada sekolah-sekolah karena cukup rawan pelanggaran dan kecelakaan,” kata Priyo usai kegiatan didampingi Wakil Walik Kota Rahmad Mas’ud dan Kepala SMKN 1 Syukri.
Menurutnya, kegiatan tersebut efektif karena sekaligus memberikan sosialisasi kepada para siswa.
“Dengan demikian diharapkan bisa mensosialisasikan kepada para siswa bayangkan ada 2. 207 anak sekolah yang terlibat tentu saja secara tidak langsung bersosialisasi ke sekolah pada hari pertama operasi,” katanya.
Dia menjelaskan bahwa operasi tersebut bertujuan menekan angka kecelakaan lalu lintas.
“Kita berharap operasi zebra ini kan bertujuan untuk cipta kondisi yang pertama, kedua ini memang operasi yang terjadwalkan secara terpusat tentu angka laka lantas bisa ditekan,” harapnya.
Sementara itu, Kasat Lantas Polres Balikpapan AKP Noordhianto menjelaskan, bahwa Operasi Zebra Mahakam 2018 dilaksanakan selama 13 hari yakni 30 Oktober sampai 12 November 2018.
“Sasaran kita kendaraan roda dua dan kendaraan yang tidak laik jalan termasuk kendaraan yang melebihi kapasitas dimensi dan loading,” ungkapnya.
Untuk lokasi razia lanjut perwira berpangkat tiga balok di pundak tersebar lokasi yang dianggap rawan terjadi lakalantas.
“Seperti di Jalan MT Haryono, Syarifuddin Yoes, Soekarno Hatta, Mulawarman khususnya di daerah tanjakan berkaitan dengan angkutan barang yang bermuatan berlebih,” akunya.
Pihaknya juga akan menggandeng instansi lain seperti Dinas Perhubungan serta Pom TNI dalam operasi tersebut.
“Untuk cara bertindak kami dengan cara pro aktif kami melakukan mobile baik R2 maupun R4 untuk melakukan penindakan,” tandasnya. (sb-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

10 views