by

Pastikan Alat Deteksi Virus Corona Berfungsi, Wawali Rahmad Mas’ud Tinjau Bandara SAMS

BALIKPAPAN,suarabalikpapan.com-Wakil Walikota Balikpapan Rahmad Mas’ud, SE meninjau langsung alat pemindai suhu tubuh atau thermal scanner di Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan, pada Jumat (24/01/2020).
Peninjauan ini, untuk memastikan kalau alat tersebut terpasang dan berfungsi dengan baik. Menyusul, ditemukannya suspect virus Corona di Singapura.
Wawali Rahmad Mas’ud mengapresiasi pihak Angkasa Pura (AP) I Bandara SAMS Balikpapan, yang langsung action untuk peningkatan kewaspadaan terhadap virus ini.
“Alat thermal scanner ini, sebenarnya sudah terpasang dan berfungsi setiap hari. Namun, saat ini dilakukan peningkatan kewaspadaan, untuk mencegah suspect virus Corona melalui Bandara Balikpapan,” kata Rahmad.
Menurutnya, Bandara SAMS Balikpapan sebagai bandara Internasional diperlukan peningkatan kewaspadaan terhadap virus Corona asal kota Wuhan.
Ia mengimbau, agar masyarakat Balikpapan untuk menahan diri keluar negeri khususnya, di kota Wuhan, China asal ditemukannya virus Corona.
“Inilah ikhtiar dan usaha kita untuk mencegah masuknya virus Corona di Balikpapan,” kata Wawali.
Senada disampaikan, Plt Kantor Kesehatan Pelabuhan Balikpapan Ratnasari Dewi bahwa, menurutnya alat thermal scanner ini setiap hari berfungsi, namun saat ini pihaknya melakukan peningkatan kewaspadaan. Menyusul Bandara SAMS memiliki penerbangan direct asal Singapura yang sebelumnya ditemukan suspect virus Corona.
“Bagi penumpang, terdeteksi suhu diatas 38 derajat, alat ini akan berbunyi, dan akan dilakukan proses pemeriksaan kesehatan selanjutnya,” kata Ratnasari.
“Peningkatan kewaspadaan ini juga kami lakukan tidak, hanya penumpang saja. Namun, karyawan kami juga diharuskan memakai kaos tangan dan masker saat bekerja,” ungkapnya.
Sementara GM AP I Bandara SAMS Balikpapan Farid Indra Nugraha mengatakan, pihaknya langsung action melakukan peningkatan pencegahan dan sosialisasi bagi pekerja Bandara dan maskapai, mengenai Standart Operating Prosedur (SOP) penanganan virus Corona.
“Adapun penanganan tehnis lainya akan kami sosialisasikan lagi, makanya, regulator, maskapai, stakeholder dan pihak lain terlihat dalam Bandara ini kami lakukan sosialisasi kewaspadaan,” tandasnya.
Sebagai informasi, virus corona merupakan virus yang berbentuk bulat dan berdiameter sekitar 100-120 nm. Virus corona kali pertama diidentifikasi pada manusia pada pertengahan 1960-an.
Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC), infeksi virus corona bisa membuat napas tersengal-sengal, tubuh menggigil, dan terasa nyeri.(sb-02)

banner 728x90

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed