by

Pelabuhan Feri Somber Masih Layak untuk Melayani Angkutan Penumpang dan Sembako

Rahmad Mas’ud

BALIKPAPAN,suarabalikpapan.com-Pelabuhan Feri Somber dianggap masih layak digunakan untuk angkutan penumpang dan sembako.
Menurut Wakil Wali Kota Balikpapan, Rahmad Mas’ud, Pelabuhan Feri Somber bisa melayani angkutan penumpang dan sembako Balikpapan-Mamuju Sulawesi Barat.
“Saya kira lebih efektif, apabila Pelabuhan Feri Somber ini diaktifkan kembali,” kata Rahmad.
Pelabuhan Somber memiliki luasan dua hektar. Luasan ini dianggap proporsional untuk dijadikan pelabuhan penyeberangan dan pelabuhan bongkar muat kapal pengangkut kebutuhan pokok warga Balikpapan.
“Bisa dimanfaatkan di sana dengan luas dua hektar saya kira itu cukup untuk bongkar muat kapal pengangkut sembako,” tandasnya.
Namun selain akan melakukan penataan di eks pelabuhan Somber, pihaknya juga akan melakukan pengerekukan kedalaman landasan kapal feri di sekitar pelabuhan.
“Kita lakukan pengerekuan disisi sandar kapal agar kapal bisa mudah melakukan sandar baik saat pasang maupun surut,” ujarnya.
Ke depannya jika ini operasional, Pelabuhan Feri Somber bisa dijadikan sumber pendapatan asli daerah (PAD) yang potensial.
“Tentu akan ada pendapatan yang bisa dikelola di sana untuk PAD kota. Di sana juga belum ada pedagang lokasinya juga tidak terlalu jauh dengan pelabuhan sebelumnya di Kampung Baru jadi para pedagang nanti akan ditata kembali untuk berjualan di sana tentu akan dikonsep agar lebih tertata,” ujar Rahmad.
Dia berharap Pelabuhan Somber dapat dioperasionalkan kembali sehingga masyarakat benar-benar bisa memanfaatkan keberadaan pelabuhan itu.
“Saya kira kalau bermanfaat bagi masyarakat kenapa kita tidak aktifkan kembali Pelabuhan Feri Somber ini,” tegasnya.(sb-01).

banner 728x90

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed