by

Pemindahan Pipa Transmisi di Jalan Tol, Dua IPAM PDAM Setop Produksi Sementara

KERJA KERAS:Proses pemindahan pipa transmisi PDAM di kawasan jalan tol Balsam

BALIKPAPAN,suarabalikpapan.com-Distribusi air baku PDAM lewat pipa transmi dari Waduk Manggar yang dialirkan pada Instalasi Pengolahan Air Minum (IPAM) Km 8 Batu Ampar dan IPAM Kampung Damai dijadwalkan akan seteop produksi sementara lantaran ada proyek Jalan Tol Balikpapan – Samarinda (Balsam). Mengingat jalur pipa air baku yang lama posisinya lebih tinggi dari permukaan tanah mega proyek ini.
PDAM telah membuat jalur pipa transmisi yang baru dengan menempatkan pipa tersebut di Jalur Box Cuilvert merupakan gorong-gorong di bawah main road jalan tol, dengan panjang 60 meter, dengan lebar 3,5 meter dan tinggi 3 meter, secara fisik box dan penempatan pipa transmisi baru saja terbentang dan telah siap, tinggal dilakukan penyambungan dengan jalur baru dengan jalur pipa transmisi yang lama.
Proses penyambungan terhadap tiga jalur pipa transmisi ini dilakukan satu persatu dan bergantian, karena untuk menjaga stabilitas ketersedian kebutuhan air bersih bagi masyarakat Kota Balikpapan. Jadwal penyambungan pertama adalah jalur pipa transmisi diameter 700mm steel yang mengarah dari Waduk Manggar ke IPAM Km 8 Batu Ampar pada Minggu (15/12/2019) pukul 09.00 Wita, dengan target pekerjaan 1×24 jam. Kemudian jadwal kedua adalah proses kegiatan penyambungan untuk jalur pipa transmisi air baku diameter 600mm steel menuju IPAM Kampung Damai, yang dilaksanakan pada Kamis (19/12/2019) pukul 09.00 Wita dengan target pekerjaan 1×24 jam.
Pada Kamis, (19/12/2019) pukul 22.00 Wita, PDAM juga akan melakukan aktivitas pembongkaran jalur pipa di simpang tiga lampu merah tugu Beruang Balikpapan Permai, mengingat di posisi tersebut paling sering terjadinya kerusakan pipa distribusi, pembongkaran dilaksanakan pada malam hari dengan menggunakan eskavator dan akan sedikit mengganggu aktivitas arus lalu lintas.
“PDAM hanya bisa mengimbau kepada pelanggan untuk menampung air di rumah,” kata Kasubag Customer Service PDAM Balikpapan, Muhammad Norhadi.
“Tak lupa kami (PDAM) menyampaikan permohonan maaf yang sebesar besarnya atas ketidak nyamanan ini, terutama kepada pelanggan yang daerahnya lebih dahulu mengalami gangguan distribusi air bersih,” ujar Noorhadi.(sb-02).

banner 728x90

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed