by

Pemkab Dukung Pembangunan Pabrik Pengolahan Porang di Paser

TANAH PASER,suarabalikpapan.com-pemerintah Kabupaten Paser mendukung pengembangan tanaman porang di Kabupaten Paser. Hal ini diungkapkan Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Keuangan Pemkab Paser, dr I Dewa Made Sudarsana yang mewakili Bupati Paser dr Fahmi Fadli, pada acara seminar tentang potensi tanaman porang di Kabupaten Paser yang digelar di Kyriad Hotel Sadurengas, Selasa (6/4/2021).

Seminar tersebut menghadirkan narasumber Dosen Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) Universitas Gajah Mada (UGM) Dr Sri Rahayoe, Ketua Umum Pegiat Petani Porang Paser Ngakib Al Ghazali serta Direktur PT Porang Tidar Nusantara (PTN).

Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Keuangan Pemkab Paser, dr I Dewa Made Sudarsana mengatakan, lahan pertanian di Kabupaten Paser masih sangat luas untuk bisa ditanami porang. “Paser memiliki lahan pertanian yang cukup luas yang bisa dikelola untuk tanaman porang,” kata dr I Dewa Made Sudarsana.

Ia menuturkan, tanaman porang menjadi topik pembicaraan menarik di kalangan petani saat ini. Sebab porang sendiri memiliki nilai ekonomis yang cukup tinggi, bahkan secara nasional porang masuk dalam kategori komoditas ekspor.

Dirinya berpesan  agar kegiatan seminar kali ini tidak hanya sekadar forum formalitas semata. Ia berharap kedepan Kabupaten Paser mampu mendirikan pabrik sendiri untuk melakukan pengolahan porang. Sehingga hasil tanakan porang tidak hanya dirasakan sebagian orang saja. Namun seluruh masyarakat Paser.

Pada kesempatan tersebut dilakukan penandatanganan kerjasama antara Kelompok Pemuda yang tergabung dalam Atap Daun Edukasi dengan  PT PTN selaku perusahaan pengelola tanaman porang.(adv/sb-06)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

177 views

Berita terkini