by

Pendukung Calon Independen Bertatap Muka dengan Tim Verifikasi

BERTATAP MUKA:Pendukung calon independen akan dilakukan verfifikasi secara langsung

BALIKPAPAN,suarabalikpapan.com-Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan melakukan verifikasi dukungan calon independen yang akan bertarung di Pilkada 2020 dengan metode sensus.
“Kalau ada 40 ribu bukti dukungan, semuanya kita akan verifikasi satu per satu ke rumah warga yang memberikan dukungan,” kata Komisioner KPU Kota Balikpapan, Noor Thoha, kepada media ini.
Menurut Noor Thoha, KPU telah membentuk tim verifikasi di setiap RT pendukung calon perseorangan. Mereka akan
mewawancarai setiap warga yang mengantongi fotokopi KTP elektronik yang dilampirkan oleh calon perseorangan.
Ia mengatakan, untuk bukti dukungan calon yang tidak bisa bertemu secara langsung akan dilakukan verifikasi dengan menggunakan fasilitas video call sesuai dengan nomor handphone yang dicantumkan dalam formulir bukti dukungan. Video call disaksikan tim sukses calon independen dan bawaslu kelurahan.
Khusus bukti dukungan yang sudah dapat diverifikasi secara langsung atau melalui video call akan dikembalikan ke tim sukses calon independen. Tim sukses akan diminta untuk menghadirkan warga yang bersangkutan di PPS untuk dimintai pernyataan terhadap kebenaran bukti dukungan yang diserahkan oleh calon perseorangan.
“Kalau sudah verifikasi langsung tidak bisa, di video call tidak bisa, dan di datangkan ke PPS tidak bisa, maka bukti dukungan dinyatakan tidak memenuhi syarat,” katanya.
Untuk tahapan pendaftaran jalur independen akan mulai dibuka 11 Desember 2019 hingga 5 Maret 2020.
Calon perseorangan diwajibkan menyerahkan bukti dukungan berupa fotocopy KTP elektronik dan mengisi formulir model B1.KWK yang telah diisi rekap nomor KTP elektronik pendukung. Minimal jumlah pendukung sebanyak 39.450 keping KTP elektronik. (sb-02)

banner 728x90

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed