by

Perekoniman Diprediksi Belum Membaik

-Uncategorized-0 views

Balikpapan-Kondisi perekonomian masyarakat Balikpapan diperkirakan belum mengalami peningkatan secara signifikan hingga akhir tahun 2018 sampai 2019. “Saya kira perekonomian kita belum mengalami perubahan hingga akhir tahun ini. Apalagi nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika mendekati Rp 15 ribu,” kata Pemerhati Ekonomi Muhamad Hapiz yang akrab disapa Hapiz Patra.
Menurutnya, daya beli masyarakat saat ini bukannya meningkat tetapi justru semakin menurun. Posisi perekonomian semakin terpuruk. Hal ini bisa terlihat di pasar-pasar tradisional.
“Coba kita tanyakan saja kepada para pedagang di pasar tradisional? Jawaban mereka pasti semakin sulit karena sepi pembeli,” ujarnya.
Hapiz mengaku ada beberapa contoh perekonomian kita semakin terpuruk, seperti di bidang perhotelan tingkat okupansinya turun jauh.
“Jadi pihak hotel melakukan berbagai upaya meningkatkan jumlah hunian dengan berbagai diskon untuk acara-acara di hotel,” terangnya.
Sekarang ini terang Hapiz, yang cukup mengkhawatirkan yakni tingginya angka pengangguran sehingga berdampak pada meningkatnya angka perceraian.
“Nah, tingginya angka pengangguran dan perceraian ini menandakan bahwa ekonomi kita sedang bermasalah,” akunya.
Melihat tingginya angka pengangguran ini Hapiz menyarankan kepada pemerintah kota agar aktif menggelar pelatihan-pelatihan entrepreneur skill bagi lulusan SMA/SMK sederjat maupun sarjana yang masih menganggur.
Selain itu, Hapiz berharap pemkot membuat tim ekonomi khusus yang terdiri dari tim ahli profesional guna bersama-sama melakukan kajian sekaligus mengatasi persoalan perekonomian masyarakat yang terus mengalami penurunan.
“Apabila tidak diatasi mulai sekarang, saya khawatir pemkot akan kesulitan membiayai pembangunan serta permasalahan sosial di masyarakat akan mengalami peningkatan,” pungkas lulusan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Malangkucecwara Malang ini.(sb-01)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 views