by

Peresmian Anjungan Karamumus, Jaang Puji Fasilitas Baru Balaikota

LAUNCHING:Walikota Syaharie Jaang meresmikan Anjungan Karamumus.

SAMARINDA,suarabalikpapan.com-Kini masyarakat Samarinda yang ingin bertemu pejabat di lingkungan Pemerintah Kota Samarinda tidak perlu lagi menaiki tangga yang ada pada bangunan Kantor Balaikota. Bagaimana bisa?. Dengan diresmikannya Anjungan Karamumus masyarakat hanya menunggu di ruangan tersebut, kemudian pejabat yang ingin ditemui yang akan turun langsung kepada masyarakat.
Karena hal ini merupakan salah satu upaya peningkatan pelayanan Pemerintahan kepada masyarakat termasuk kepada pegawai yang ada di lingkungan Pemkot Samarinda. Upaya ini sinergi dengan PP No.96 Tahun 2012 tentang pelaksanaan UU No.25 Tahun 2009 tentang pelayanan publik.
Anjungan Karamumus sendiri merupakan sebuah gagasan atau ide dari judul Proyek Perubahan (Proper) PIM III angkatan ke-9, yakni Kabag Umum Setda Samarinda Eddy Syahrani yang kini telah menjalani Propernya dan akan selesai akhir Desember mendatang.
“Nama Karamuumus diambil dari nama kampung yang sudah ada di Samarinda sejak Tahun 1300 an, pada abad ke-13 Masehi (Tahun 1201-1300), sebelum dikenalnya nama Samarinda,” ungkap Jaang dalam sambutannya Kamis (14/11/2019). Ada 6 lokasi perkampungan penduduk sebelum dikenal Samarinda, yakni Pulau atas, Karang Asam, Karamumus yang dikenal sekarang (Karangmumus), Luah Bakung yang dikenal sekarang (Loa Bakung, Sambuyutan (Sambutan) dan Mangkupelas (Mangkupalas).
“Tempat transit ini memungkinkan kita untuk lebih dekat dengan masyarakat. Siapa pun yang datang harus dilayani dengan baik dan diarahkan sesuai dengan maksud dan tujuannya,” kata Jaang.
Fasilitasnya sendiri terdiri dari Informasi Digital mengenai seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD), wating room, klinik kesehatan, pojok baca, lounge dan playing area untuk anak-anak, serta toilet yang ramah bagi teman-teman disabilitas. “Harapan saya tempat ini dapat memungkinkan menjadi media edukasi karena di dalamnya ditampilkan banyak informasi sejarah dan pengetahuan umum tentang Kota Samarinda,” tutup Jaang. (kmf7/sb-02)

banner 728x90

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed