by

Pertumbuhan Kredit Menurun, Bank Kaltimtara Alihkan Segmentasi Bisnis ke Pertanian dan Perkebunan

-Ekonomi-270 views

TANA PASER,suarabalikpapan.com-Pertumbuhan Kredit Bank Kaltimtara Cabang Tanah Paser, mengalami penurunan akibat pandemi Covid-19.

“Refocusing anggaran oleh pemerintah daerah, serta kebijakan pemerintahan yang melakukan pembatasan-pembatasan aktivitas sosial telah berdampak pada berkurangnya daya beli masyarakat terhadap produk jasa dan perdagangan,” kata Kepala Cabang Bank Kaltimtara Cabang Tanah Paser, Yudhi Susatyo, kepada media ini, Selasa (6/4/2021)

Ia mengungkapkan, permintaan kredit perbankan di Bank KaltimTara didominasi sektor perkebunan, perdagangan, dan arus kas keuangan daerah.

“Sampai saat ini kredit kami berikan kepada PNS, kontruksi yang berkaitan dengan proyek-proyek pembangunan daerah, dan masyarkat umum,” jelasnya

Saat ini, kata Yudi, pihaknya sedang melakukan peninjauan dari sisi pertanian dan perkebunan. Ia melihat bahwa sektor tersebut paling aman, karena dari sisi fisik produksi tidak akan terganggu dengan adanya pandemi covid-19.

Akibat pandemi Covid-19 ini, membuat Bank Kaltimtara, mengalihkan segmentasi bisnisnya ke pertanian dan perkebunan. Selain itu, dari segi infrastruktur mengikuti perkembangan dari pemerintahan Kabupaten Paser, dan konstruksi mengikuti perkembangan daripada lelang  Pemerintah Daerah.

“Kredit Konstruksi adalah kredit yang diberikan panitia lelang oleh pemerintah daerah, sehingga  jika pemerintah daerah melakukan penyerapan anggaran yang cepat, maka penyaluran kredit konstruksi pun cepat begitu pula sebaliknya,” terangnya.

Ia menambahkan kredit Bank Kaltimtara pada triwulan pertama 2021 tidak ada untuk infrastruktur. Namun pada tahun 2020 penyaluran kredit secara keseluruhan mencapai Rp120 miliar lebih.(sb-06)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

270 views

Berita terkini