by

Plt Bupati Kasmidi Bagikan 630 KTP Elektronik untuk Tiga Kecamatan

SANGATTA,suarabalikpapan.com– Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kutai Timur menyerahkan 630 KTP elektronik (KTP el) untuk tiga kecamatan di Kutai Timur meliputi 185 keping untuk Kecamatan Batu Ampar, 237 keping untuk Kecamatan Teluk Pandan dan 208 keping untuk Kecamatan Muara Bengkal.
Plt. Bupati Kutai Timur, H Kasmidi Bulang melakukan penyerahan secara simbolis kepada Camat Batu Ampar di Kantor Pemkab Kutim, Pusat Perkantoran Bukit Pelangi. Kamis (16/7/20).
Kegiatan tersebut sekaligus menandai dimulainya sosialisasi Disdukcapil Kutim tentang Perda Nomor 2 Tahun 2018 tentang Administrasi Kependudukan Pendatang. Mereka yang telah tinggal dan bekerja di Kutai Timur selama 1 tahun di daerah, wajib memiliki KTP el daerah.
“Dalam pasal 104c, pendatang yang telah tinggal dan atau bekerja selama 1 tahun di daerah, namun belum memiliki KTP el, dengan wilayah domisili di daerah, dikenakan denda administrasi paling banyak Rp 10 juta,” kata Kepala Plt. Disdukcapil Heldy Frianda.
Sosialisasi pelayanan administrasi kependudukan secara online dapat diakses melalui link google form di https://sites.google.com/view/disdukcapilKutaiTimur/home . Berbagai pelayanan administrasi seperti pembaruan data bank, BPJS, cetak e KTP, perubahan data Kartu Keluarga, permohonan pindah ke luar, permohonan pindah ke dalam, kehilangan dokumen, akta kelahiran, akta kematian dan akta nikah.
“Dengan layanan online ini, masyarakat yang berada jauh dari ibukota kabupaten, seperti di Kecamatan Sandaran, Karangan, atau di pedalaman seperti Busang, Long Mesangat, cukup mencari tempat dengan jaringan internet yang baik, untuk membuka laman pelayanan pendudukan ini dan mengurus keperluan administrasi kependudukan,” kata Heldy.(rls/sb-02) 

banner 728x90

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed