by

PPK dan PPS Ikut Orientasi Tugas di Hotel Horison Sagita

BALIKPAPAN,suarabalikpapan.com–Komisi Pemilihan Umum (KPU) Balikpapan melakukan kegiatan orientasi tugas yang diikuti 132 orang peserta yang merupakan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) se-Kota Balikpapan di Hotel Horison Sagita, Sabtu (27/06/2020).
Ketua KPU Balikpapan Noor Thoha mengatakan, acara ini digelar sebagai tindak lanjut dari pelantikan PPK dan PPS. Selanjutnya para peserta dibekali dengan orientasi tugas selama dua hari yakni 27 – 28 Juni 2020.
“Jadi PPK dan PPS yang baru dilantik perlu diberikan pembekalan mengenai tugas-tugas mereka pada tahapan Pilkada Balikpapan,” kata Thoha.
Ia menuturkan, sebelumnya dilakukan pembekalan singkat di Kantor KPU Balikpapan kemudian pembekalan secara matang di hotel.
“Kalau sekarang pembekalannya tuntas dari A sampai Z. Dalam orientasi tugas ini kita menghadirkan narasumber yang sudah berkompeten di bidangnya mulai dari Ketua KPU Kaltim, Komisioner KPU, hingga Bawaslu,” bebernya.
Noor Thoha berharap pembekalan ini seluruh petugas mampu mengaplikasikan seluruh kerja di tingkat PPK dan PPS.
Tapi jauh lebih penting adalah menjaga sikap.
“Sikap netralitas itu jauh lebih penting. Kalau terkait dengan teknis penyelenggaraan bisa langsung dibimbing.
Kita arahkan ada panduannya dan juga tutorialnya. Oleh karena itu kita bekali jauh-jauh dengan sikap netralitas, jika tidak akan membahayakan penyelenggara karena itu menjadi pertaruhan kredibilitas KPU,” jelasnya.
“Pelaksanaan orientasi ini menggunakan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 dan dibagi menjadi enam kelas. Kita tetap melakukan phsyical distancing,” tutupnya.(sb-02)

banner 728x90

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed