by

Program PTSL, Balikpapan Dapat Jatah 16 Ribu Bidang

-Uncategorized-9 views

Balikpapan-Untuk memberikan kepastian dan perlindungan hukum hak atas tanah bagi masyarakat, pemerintah pusat melalui Kementerian Agraria dan Tata Ruang RI menerbitkan program baru yang sebelumnya dikenal dengan program nasional (prona). Saat ini, program tersebut diberi nama Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) dengan syaratnya lebih mudah serta prosesnya lebih cepat.
Kapala Seksi Hubungan Hukum, Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Balikpapan, Zainuddin mengatakan, Kota Balikpapan mendapat jatah program PTSL sebanyak 16.000 bidang. Untuk 10.000 bidang pengukuran dilakukan pihak ketiga atau licensed surveyor di wilayah Balikpapan Timur hanya sampai pengukuran peta bidang saja.
Sedangkan 6.000 bidang akan dituntaskan sampai sertifikat di wilayah Balikpapan Utara, Balikpapan Selatan, Balikpapan Tengah dan Balikpapan Kota.
Program ini sangat membantu warga Balikpapapn secara umum. “Dengan program ini, kepastian dan perlindungan hukum hak atas tanah sudah dijamin oleh Negara. Program penerbitan sertifikat tanah yang digagas pemerintah pusat harus di dukung oleh pemerintah daerah setempat,” ungkapnya.
Program pemerintah pusat yang diteruskan oleh seluruh BPN di setiap daerah perlu memndapat dukungan dari seluruh masyarakat,” pintanya.
“Kami berharap kepada warga yang masuk dalam daftar program PTSL ini, agar segera mendaftarkan tanahnya dengan berkoordinasi di kelurahan dan kecamatan setempat.
Namun syarat-syarat penerbitan program PTSL harus dipenuhi yakni tanah harus sudah beralaskan IMTN, jika masih segel segera mengurus IMTN, jika sudah IMTN segera mengambil formulir program PTSL di Kelurahan setempat, dan dilengkapi dengan IMTN, PBB, foto copy KTP dan kartu keluarga,” terangnya.
“Kami (BPN) memang melakuan jemput bola melalui kelurahan dan kecamatan untuk melakukan sosialisasi program ini ke masyarakat. Apabila program PTSL ini berhasil maka wargala yang diuntungkan,” pungkasnya. (sb-2)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

9 views